Tribun Seleb

Cerita Denada saat Anak Semata Wayangnya Jalani Kemoterapi

Shakira Aurum saat ini menderita leukemia atau kanker darah. Ia menjalani kemoterapi di sebuah rumah sakit di Singapura.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Cerita Denada saat Anak Semata Wayangnya Jalani Kemoterapi
Instagram @denadaindonesia/Kolas Tribun Video
Putri semata wayang Denada, Shakira Aurum, divonis mengidap penyakit leukemia atau kanker darah. 

TRIBUNNEWS.COM - Shakira Aurum, putri semata wayang penyanyi Denada, harus menjalani empat kemoterapi selama satu bulan, akibat leukemia atau kanker darah yang dideritanya.

Ia menjalani perawatan tersebut di sebuah rumah sakit di Singapura.

"Sebulan pertama kemoterapi ada empat. Kemo suntik, kemo minum obat, kemo infus, sama satu lagi yang dia dikasih obat tidur," kata Denada dalam tayangan Rumpi No Secret di saluran YouTube TransTV Official seperti dikutip Kompas.com, Rabu (18/7/2018).

Shakira juga mendapatkan tindakan medis berupa pemberian sedatif, obat-obatan yang menciptakan ketenangan dan pengurangan rasa sakit atau kecemasan.

Menurut Denada, obat ini membuat Shakira tak merasakan sakit ketika sumsum tulang belakangnya diambil untuk keperluan sampel pemeriksaan.

"Itu kemo yang langsung disuntikkan ke sumsum tulang belakang dia. Selain yang dia minum, dia untuk berapa lama sekali dia akan diambil sumsum tulang belakangnya," ucap Denada.

"Itu dia, ditidurin, dibikin setengah tidur setengah sadar, karena diambil sumsum tulang belakangnya untuk dimonitor," lanjutnya.

Selama sebulan terakhir Denada dan Shakira harus bolak-balik ke rumah sakit untuk kemoterapi. Pengobatan medis ini dijalani Shakira sebanyak dua kali dalam seminggu.

"Jadi sekali datang, dia langsung disuntik diini diitu. Intensif (pengobatan) itu tiga sampai enam bulan," ujar Denada.

Selain itu, ada satu obat tablet yang menandung steroid yang memiliki efek samping terhadap fisik Shakira. Steroid umumnya diberikan kepada pasien leukemia selama kemoterapi.

"Dia harus minum steroid tiap hari secara oral, jadi tablet steroid. Itu efeknya adalah dia menjadi bengkak pipinya, perutnya jadi gede. Kedua, dia jadi lemah," ucap Denada.

"Kan dia suka banget nari suka joget. Dia sekarang jalan saja bisa jatuh. Bayangkan apa yang ada di kepala dia tiba-tiba dia ngerasa badannya enggak berdaya seperti itu," tambahnya sambil terisak.

Denada menambahkan kondisi terakhir putrinya saat ini sedang demam tinggi. Karena itu, Shakira harus diopname dan jadwal kemoterapinya terpaksa ditunda.(*)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Putri Denada Jalani Empat Kemoterapi dalam Satu Bulan"

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas