Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Punya 228 Ribu Subscribers Tapi Akun Youtube-nya Tak Hasilkan Uang, Soleh Solihun Beri Penjelasan

Komika sekaligus aktor Soleh Solihun aktif sebagai youtuber. Kanal Youtube yang dikelolanya memiliki lebih dari 228 ribu subscribers.

Punya 228 Ribu Subscribers Tapi Akun Youtube-nya Tak Hasilkan Uang, Soleh Solihun Beri Penjelasan
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Komika Soleh Solihun berpose sebelum konferensi pers press screening film Lagi-Lagi Ateng, di Jakarta, Senin (7/1/2019). Soleh Solihun memerankan sosok Iskak sahabat dari Ateng. Menurut Soleh, peran sebagai Iskak memiliki tantangan dan penyesuaian serta seperti jodoh yang tak ia sangka. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM - Komika sekaligus aktor Soleh Solihun aktif sebagai youtuber. Kanal Youtube yang dikelolanya memiliki 228 ribu subscribers. 

Namun, ia menyebut kanal Youtube-nya tidak di-monetize sehingga tak bisa menghasilkan uang.

Kepada Kompas.com saat dihubungi belum lama ini, Soleh Solihun menjelaskan penyebab akun YouTube-nya tak bisa menghasilkan uang.

Baca: Andre Taulany Kecam Kelakuan Ferdian Paleka

“Dulu waktu subscriber saya masih 11 ribuan saya sudah pernah di-monetize, saya dua kali dapat duit dari adsense tapi di bulan ketiga si YouTube men-suspend akun AdSense saya,” kata Soleh Solihun via sambungan telepon, Kamis (7/5/2020).

Soleh bercerita bahwa saat itu dia menerima sebuah pesan dari YouTube lantaran akunnya bermasalah terkait salah satu video yang dia unggah.

Akan tetapi, pihak YouTube tak membeberkan video mana yang bermasalah sehingga membuat Soleh bingung.

“Jadi satu hari saya dapat email dari YouTube katanya mereka mencurigai adanya invalid activity di channel saya. Terus email itu bilang kalau kamu tidak segera melapor atau membela diri nanti dalam dua minggu bakal di-suspend akun AdSense,” ucap Soleh.

Tak menemukan solusi, akhirnya Soleh Solihun membiarkan akun YouTubenya tak di-monetize.

“Tapi ada juga tulisan kami tidak bisa memberitahu kesalahannya apa, tapi silahkan isi pembelaan di formulir ini. Terus diklik formulirnya ada segala macam pertanyaan dan ada salah satu pertanyaan yang copy paste link yang kira-kira kamu melakukan kesalahan," ujar Soleh.

"Tahu salahnya saja enggak, suruh minta maaf. Akhirnya karena saya enggak tahu salah dimana, ya sudah di-suspend akunnya,” tutur Soleh Solihun menambahkan.

Meski demikian, Soleh Solihun tak mempermasalahkan akun YouTube miliknya tak menghasilkan uang.

Baginya yang terpenting bisa berkarya lewat YouTube.

“Saya bikin YouTube bukan untuk nyari AdSense. Saya bikin YouTube cuma ingin ada karya saja di YouTube,” ujar Soleh Solihun.

Diketahui kanal YouTube Soleh Solihun diikuti hingga 228.000 subscriber.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Soleh Solihun Beberkan Alasan Kanal YouTube Miliknya Tak Hasilkan Uang

Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas