Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Upaya Melestarikan Lagu-lagu Keren di Masa Lalu

Dasar itulah yang membuat Yayasan Irama Nusantara berkolaborasi bersama MLDSPOT memprakarsai mini album bertajuk 'Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1'.

Upaya Melestarikan Lagu-lagu Keren di Masa Lalu
Pixabay.com
Ilustrasi Musik. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasiolan Eko P Gultom

TRIBUNNEWS.COM - Yayasan Irama Nusantara menyadari pentingnya pengarsipan untuk melestarikan artefak-artefak yang berguna sebagai pembelajaran di era kini. Musik satu di antaranya.

Dasar itulah yang membuat Yayasan Irama Nusantara berkolaborasi bersama MLDSPOT memprakarsai mini album bertajuk 'Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1'.

Gerry Arpriyan, Program Manager dari Yayasan Irama Nusantara menuturkan, sebagai yayasan pengarsipan musik Indonesia, Irama Nusantara selalu merasa kalau lagu-lagu keren masa lalu selalu terpendam tanpa bisa diakses untuk dinikmati orang banyak.

"Upaya kita adalah pengarsipan digital musik populer di Indonesia yang telah dilakukan sejak 2013. Nah melalui mini album 'Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1' ini, kami berharap lagu-lagu tersebut nggak hanya tersimpan rapi, namun publik juga dapat mendapatkan dampak langsung dari karya legendaris yang digubah ulang oleh musisi-musisi keren saat ini," terangnya, seperti dikutip dari hai.

Senada dengan Gerry, perwakilan MLDSPOT Goardan Saragih, menuturkan bahwa mini album 'Lagu Baru Dari Masa Lalu Volume 1' merupakan upaya nyata dari MLDSPOT dan Irama Nusantara guna melestarikan dan mempopulerkan kembali lagu-lagu legendaris yang pernah berjaya di Indonesia.

"Kami sangat bangga bisa ambil bagian dalam upaya melestarikan serta mempopulerkan kembali karya-karya musisi legendaris Indonesia," ujar Goardan.

Baca juga: Jadi Jawara All Together Now Italia 2020, Cahayadi Eki Kam Awali Karier Bermusik dari Pengamen

"Hal ini bisa menjadi pesan bagi generasi yang lebih muda bahwa Indonesia memiliki warisan musik yang sangat banyak dan juga dapat menjadi referensi untuk menciptakan karya berkualitas di masa mendatang. Ke depannya, kami juga berharap dapat bekerjasama dengan berbagai pihak demi turut menginspirasi dunia musik Indonesia,” lengkapnya.

Andien dan Mondo Gascaro di Konferensi Pers Virtual saat Launching Mini Album 'Lagu Baru dari Masa Lalu, Vol.1'

Proses kurasi dalam album ini melibatkan Irama Nusantara dengan bareng MLDSPOT yang sepakat untuk mengangkat tema Indonesian City Pop. Tema tersebut diangkat karena city pop menjadi fenomena unik yang hadir kembali sebagai produk budaya populer di kalangan anak muda kota besar di Indonesia.

Mini Album ini terdiri dari lima lagu era 80-an yang dianggap sangat merepresentasikan gaya musik tersebut, serta untuk membangkitkan kesadaran anak muda kalo lagu-lagu Indonesia di masa lalu sangat keren dan layak untuk dikonsumsi.

Halaman
123
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas