Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Once Mekel Bicara Nasib Musisi Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Sulit Diprediksi

Penyanyi eks Dewa 19, Once Mekel bersuara soal nasib para musisi Indonesia yang masih sulit untuk mendapatkan penghasilan karena pandemi covid-19.

Once Mekel Bicara Nasib Musisi Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Sulit Diprediksi
Tribunnews/Irwan Rismawan
Penyanyi Once Mekel saat wawancara khusus dengan Tribun Network di studio musiknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyanyi eks Dewa 19, Once Mekel bersuara soal nasib para musisi Indonesia yang masih sulit untuk mendapatkan penghasilan karena pandemi covid-19.

Hal itu menurutnya karena industri musik menjadi salah satu sektor yang paling terdampak karena virus covid-19.

Tak dapat diprediksi lebih jauh, namun Once bersyukur beberapa musisi masih bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya dalam bermusik.

Baca juga: Sebut Abdee Slank Layak Jadi Komisaris Independen Telkom, Once Mekel: Jangan Meremehkan Musisi

Baca juga: Deretan Komedian dan Musisi Ternama Tampil di Amazing Concert Comedy Concert

"Ya sulit diprediksi. Kita sebagai musisi bersyukur beberapa musisi masih bisa bekerja dapet penghasilan meski pandemi, tapi kita belum tau ke depan gimana," kata Once saat wawancara ekslusif dengan Tribunnews, Rabu (24/6/2021).

Meski demikian, Once pun tidak tinggal diam,

Penyanyi Once Mekel berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di studio musiknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan
Penyanyi Once Mekel berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di studio musiknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Pemilik nama asli Elfonda Mekel itu selalu melakukan diskusi mengenai hal itu untuk mempertanyakan bagaimana kedepannya nasib industri musik.

"Saya suka ikut diskusi-diskusi sama teman-teman. 'Gimana kita, bagaimana kita harus mensiasati di tengah pandemi ini'," katanya.

"Banyak diskusi yang dilakukan dari musisi, artis ,organisasi musik, kadang-kadang juga mengundang pejabat-pejabat yang berkepentingan," imbuhnya.

Banyak cara telah diperjuangkan oleh musisi berusia 51 tahun itu dan juga para musisi di Indonesia termasuk para pemangku kepentingan.

Namun, ia menyebutkan jika masih menunggu langkah tegas antara lembaga pemerintah soal industri musik di Tanah Air.

"Banyak dilakukan, cuma yang masih ditunggu adalah langkah yang tegas dan koordinatif antara lembaga-lembaga pemerintah yang terkait soal profesi musik ini," ungkap pria berambut panjang itu.

Para musisi yang menunggu langkah tegas tersebut dikarenakan kurangnya koordinasi dari pemangku kepentingan soal perizinan untuk melakukan konser.

"Kita dapet izin dari sana (pemerintah) tapi dari polisi gimana, urusannya panjang kita masih tunggu koordinasi yang lebih baik dan lebih tegas," tutupnya.
--

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas