Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Korea Corner

Kritikus Musik Kim Doheon Puji Lagu Solo Jin BTS "Epiphany"

Kritikus musik professional Korea Selatan, Kim Doheon telah mengumumkan Top 5 dari lagu-lagu BTS terbaik sepanjang masa.

Kritikus Musik Kim Doheon Puji Lagu Solo Jin BTS
Fansite Jin BTS
Jin BTS 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kritikus musik professional Korea Selatan, Kim Doheon telah mengumumkan Top 5 dari lagu-lagu BTS terbaik sepanjang masa.

Dalam peringkat terbaiknya itu, posisi ke empat ditempati lagu solo Jin "Epiphany."

Ia menyebut penampilan Jin membuat anggota BTS lainnya menjadi memukau walaupun awalnya penampilan Jin dipenuhi dengan keraguan.

"Bagian dari karisma Jin adalah dia membantu membuat anggota BTS lainnya bersinar. Pada awalnya dia bernyanyi tentang ketidakpastian dan keraguan dalam dirinya sendiri," ucap Doheon Kim, dikutip Tribunnews dari allkpop Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: BTS akan Kolaborasi dengan Coldplay? Begini Kata Agensi

Baca juga: Berkat Skill Ini, Asnawi Mangkualam Dapat Julukan Burung 8 Warna di Liga Korea

"Tapi, ketika melihat liriknya, dia juga memberi gambaran untuk mengatasi tantangan dengan mencintai dan mempercayai dirinya sendiri dan berjalan menuju kesuksesan dan pertumbuhan yang lebih besar. Ini secara simbolis menggambarkan perjalanan BTS,” lanjutnya.

Kim Doheon yang bekerja sebagai kritikus musik untuk majalah bergengsi IZE, memilih Seokjin dengan “Epiphany” sebagai #4 dalam daftar Top 5 lagu BTS.

Dia juga mengatakan vokal Jin di lagu “TTU (The Truth Untold)” serta “Don't Leave Me” luar biasa. Selain itu, Doheon Kim menyebutkan lagu yang ditulis sendiri oleh Jin dengan judul "Abyss", merupakan lagu favoritnya.

Jin dan lagu solonya "Epiphany" juga membuat langkah pertama dalam membawa kesadaran besar pada topik "Self-Love" di Korea Selatan.

Sebagai lagu solo, Jin memiliki ciri khasnya sendiri. Mulai dari vocal suara yang unik, penyampaian emosional, pesan filosofis yanh membuat karya solo Jin sangat populer.

"Epiphany" memperoleh lebih dari 130 juta streaming di Spotify meskipun hampir menjadi lagu terakhir dalam album. Jin adalah anggota BTS ke-2 yang paling banyak di-streaming di semua platform Korea.

Lagu "Epiphany" juga dikenal sebagai satu-satunya panggung solo BTS yang menjadi alasan kehebohan besar setiap kali ditampilkan secara langsung.

“Epiphany” rilis pada 9 Agustus 2018 lalu dan video musiknya sudah disaksikan sebanyak hampir 92 juta kali melalui channel Youtube, Hybe Labels.

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas