Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Dinding 3 Tower Wisma Atlet akan Dicat Anti Mikroba

Adapun cat kesehatan yang melapisi Wisma Atlet Kemayoran adalah cat water-based dengan Formula Silver-Ion, aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan.

Dinding 3 Tower Wisma Atlet akan Dicat Anti Mikroba
WARTA KOTA/WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Petugas sampah melintas di Kawasan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (21/12/2020). Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet tidak lagi menerima pasien Covid-19 tanpa gejala. Hal tersebut diberlakukan, karena penuhnya kapasitas ruangan di Wisma Atlet. Kapasitas seluruh tower Wisma Atlet sudah hampir penuh, khususnya tower bagi pasien Covid-19 tanpa gejala. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Coronavirus seperti SARS-CoV-2 dapat bertahan di permukaan besi, kaca, kayu, kain, plastik dan tembok dari beberapa jam hingga hari.

Oleh karena itu, membasmi virus saat masih berada di permukaan tersebut dapat mencegah penularannya pada manusia.

Melihat fakta ini, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk bersama Nippon Paint akan melapisi dinding bangunan RSDC Wisma Atlet Kemayoran dengan 800 liter cat anti-mikroba formula silver-ion pada tower 4, 5, dan 7 dengan total luas area 3.487 meter persegi.

"Mengingat masih tingginya kasus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta, per 2 Agustus 2021, terdapat lebih dari 800 ribu kasus positif sehingga diperlukan peningkatan kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat," kata Budiyanto Setiawan, Project Manager dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor dari RSDC (Rumah Sakit Darurat Covid-19) Wisma Atlet Kemayoran dalam keterangannya, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Dapat Tawaran Stand Up di Wisma Atlet dari Sandiaga Uno, Babe Cabita Siap Hibur Pasien Covid-19

Baca juga: Wisma Kopo Prioritas Tempat Isoman Anggota DPR RI yang Terpapar Covid-19

Baca juga: VIRAL Kisah Bocah Tak Mau Pulang dari Wisma Atlet setelah Sembuh karena Akrab dengan Nakes

Adapun cat kesehatan yang melapisi Wisma Atlet Kemayoran adalah cat water-based dengan Formula Silver-Ion yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Pengembangan Silver-Ion dari Nippon Paint pada cat/pelapis untuk membantu penekanan penyebaran bakteri ataupun virus yang bersarang di tembok.

Untuk meningkatkan kapasitas RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Nippon Paint mendonasikan cat anti-mikroba silver-ion.
Untuk meningkatkan kapasitas RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Nippon Paint mendonasikan cat anti-mikroba silver-ion. (istimewa)

Cara kerja Silver-Ion dari Nippon Paint sebagai anti-virus dan anti-bakteri dengan tahapan penetrasi ke dalam virus atau bakteri, menghentikan reproduksi,  mematikan metabolisme, menghancurkan mikroorganisme tersebut.

Silver-Ion dari Nippon Paint ini bersifat stabil sehingga formula ini efektif melawan kuman bakteri dan virus selama lapisan film cat menempel di tembok.

Formula Silver-Ion dari Nippon Paint telah lulus uji coba di Antikrop R&D Biocidal Analysis Laboratory yang menunjukkan efektif 99,99% mematikan bakteri dan virus setelah terjadi kontak dengan lapisan cat Silver-Ion.

Baca juga: Tim Reaksi Cepat RSDC Wisma Atlet Kemayoran Berhasil Urai Masalah Kepadatan Pasien

Ramdhan Effendi, Sales Project Manager Nippon Paint Indonesia mengatakan, donasi cat untuk Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran mengingat masih tinggi kasus covid-19 khususnya di DKI Jakarta.

"Melihat pentingnya bantuan perlindungan kepada tenaga medis dan pasien, kami memberikan donasi kepada Rumah Sakit yang kali ini kepada Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat,” ujarnya.

Tak hanya di Wisma Atlet, sebelumnya kegiatan yang sama dilakukan pada awal pandemi (Maret 2020) di Rumah Sakit Hubei Tiongkok, 7 Rumah Sakit Thailand pada Oktober 2020, Rumah Sakit Sungai Buloh Malaysia pada November 2020 dan ruangan khusus perawatan pasien Covid-19 di Tzu Chi Hospital Jakarta pada Maret 2021 lalu.

Kurniawan Prabawayudha selaku GM Divisi Bangunan Gedung dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk berharap semakin banyak pihak yang mendapatkan bantuan seperti ini sebagai langkah preventif dalam penanggulangan Covid-19.

”Nippon Paint berkomitmen untuk turut berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Kami berharap melalui inovasi dan donasi cat kesehatan dari Nippon Paint dapat memberikan dampak positif sebagai salah satu tindakan preventif dalam melawan Covid-19,” kata Ramdhan.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas