Tribun Seleb

Ivanka Slank Berharap Penyederhanaan Administrasi Terkait Izin Konser

Musisi Ivanka Slank mengungkapkan telah cukup lama tidak tampil dalam pertunjukan musik alias konser. Tepatnya hampir dua tahun sejak pandemi melanda.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Willem Jonata
Ivanka Slank Berharap Penyederhanaan Administrasi Terkait Izin Konser
Tribunnews/Jeprima
Personel Slank, Ivanka (Ivanka Slank) berpose di sela-sela menghadiri press screening film berjudul 99% Muhrim Get Married 5, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2015). Grup band Slank terlibat mengisi soundtrack dalam film drama komedi tersebut. (Tribunnews/Jeprima) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Musisi Ivanka Slank mengungkapkan telah cukup lama tidak tampil dalam pertunjukan musik alias konser. Tepatnya hampir dua tahun sejak pandemi melanda.

Namun Ivanka mengaku bersyukur. Masih ada media online yang menampung pemusik dan seniman di masa pandemi saat ini, sehingga mereka masih bisa mengekspresikan diri

"Itu sudah lumayan cukup lama, hampir dua tahun kita puasa, kita tidak berekspresi dan berkesenian. Untung ada teknologi sehingga bisa online," ungkapnya dalam Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN secara daring, Selasa (19/10/21). 

Mendengar kabar baik tentang pemerintahan mengizinkan kegiatan skala besar, termasuk festival dan konser. Menurutnya inilah yang ditunggu oleh para seniman. Sejauh ini Ivanka pun melihat para seniman patuh dengan protokol kesehatan.

Baca juga: Kata Satgas Covid-19 Tentang Penyelenggaraan Konser Musik

"Sebenarnya ini kita tunggu-tunggu. Tentunya memang kita juga sebenarnya seniman dalam posisi kita mengikuti, sangat patuh terhadap apa yang ditetapkan oleh pemrintah untuk mentaati prokes," katanya lagi. 

Ivanka menyebut salah satu contoh adalah konser God Bless 48 Tahun yang berlangsung di ICE BSD baru-baru ini. Ia mengatakan bisa dijadikan pembelajaran.

Konser ini menerapkan konsepnya hybrid. Selain itu penonton memiliki keharusan melakukan tes swab antigen selama acara dan setelahnya. Sejauh ini kata Ivanka tidak ada yang terinfeksi Covid-19.

Di sisi lain, Ivanka mengetahui jika perizinan kegiatan berskala besar seperti konser perlu melalui rangkaian prosedur. 
Selain mempersiapkan berbagai protokol kesehatan, pihak penyelenggara harus meminta izin. 

Ivanka menyebutkan kemungkinan pihak penyelenggara harus koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Begitu juga pada Satgas Covid-19, aparat  terkait dan koordinasi dengan pemerintah daerah. Karena ini merupakan baru, ia berharap sistim ini butuh penyederhanaan. 

"Jangan sampai polisi kasih izin, Kemenparekraf sudah kasih izin, tapi di sisi lain pemda gak kasih izin. Itu jadi dilema, itu kita butuh masukan mendapatkan sistim penyederhanaan dari penyelenggaraan acara," katanya lagi. 

Namun, Ivanka kembali menekankan jika dirinya bersama para seniman menyambut baik terkait izin kegiatan skala besar ini. Walau mungkin tidak akan dibuka sepenuhnya.

Karena konser atau festival bisa dipadupadankan dengan konsep Hybrid untuk menjaga keamanan.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas