Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Muncul Seruan Boikot Lesti Kejora dan Rizky Billar di Televisi, Pihak KPI Buka Suara

Di sosial media muncul tagar #boikotleslar buntut kekecewaan warganet pada Lesti Kejora yang menyabut laporannya terhadap sang suami Rizky Billar.

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Willem Jonata
zoom-in Muncul Seruan Boikot Lesti Kejora dan Rizky Billar di Televisi, Pihak KPI Buka Suara
Istimewa
Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Nuning Rodiyah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasca Lesti Kejora menyabut laporan atas dugaan KDRT yang dikukan Rizky Billar, muncul seruan boikot keduanya.

Di sosial media muncul tagar #boikotleslar buntut dari kekecewaan warganet pada Lesti Kejora yang menyabut laporannya terhadap sang suami Rizky Billar.

Baca juga: Soal Keputusan Lesti Kejora Cabut Laporan, Dewi Perssik Singgung Perasaan Endang Mulyana

KPI lewat Nuning Rodiya selaku komisioner mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena masyarakat memiliki sikap kritis atas tindakan KDRT.

"Munculnya tuntutan publik atas apa yang sedang dilakonkan oleh public figure adalah indikator masyarakat kita semakin memiliki kesadaran kritis yang bergerak secara massif, seperti bahwa KDRT itu salah," Nuning Rodiyah, Komisioner KPI kepada awak media, Senin (17/10/2022).

"Kalau terjadi KDRT harus lapor, dan idealnya semua proses penegakan harus berproses sampai selesai untuk memberi efek jera bagi pelaku," tambahnya.

Nuning mengatakan bahwa pihaknya menghormati proses hukum yang berjalan setelah adanya pencabutan laporan.

Baca juga: Deretan Artis Korban KDRT, Hanya Lesti Kejora yang Pertahankan Rumahtangganya

Akan tetapi pihaknya menekankan bahwa lembaga penyiaran harus bisa memberikan edukasi dan hiburan sehat.

BERITA REKOMENDASI

"KPI menghormati semua proses penegakan hukum. Lembaga penyiaran yang memiliki fungsi penyampai informasi, edukasi, hiburan sehat, dan kontrol sosial harus terus menyuarakan kepentingan publik dan harus berpihak pada publik," terangnya.

Sekadar informasi, saat mengumumkan untuk menyabut laporan Lesti Kejora sempat bingung saat disebut penggemarnya kecewa atas keputusannya cabut laporan.

Rizky Billar saat ditampilkan mengenakan baju tahanan di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2022) (kiri). Lesti Kejora saat memberikan keterangan, Jumat (14/10/2022) (kanan).
Rizky Billar saat ditampilkan mengenakan baju tahanan di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2022) (kiri). Lesti Kejora saat memberikan keterangan, Jumat (14/10/2022) (kanan). (WARTAKOTA Arie Puji Waluyo/Indri Fahra)

"Kecewa kenapa? Itu hak orang masing-masing. Saat ini yang terpenting, Insyaallah ini jadi pelajaran untuk suami saya. Pelajaran agar ini tak terulang," kata Lesti Kejora saat itu.

Rizky Billar sendiri sudah dipecat oleh Indosiar karena tindakan KDRT yang dilakukannya, hal itu merupakan instruksi dari KPI untuk tidak memberikan izin memunculkan pelaku tindak kekerasan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas