Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Andien Aisyah Suka Siapkan Camilan Ini untuk Cegah Stunting Anak

Andien Aisyah banyak memanfaatkan bahan pangan lokal untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak.

Penulis: M Alivio Mubarak Junior
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Andien Aisyah Suka Siapkan Camilan Ini untuk Cegah Stunting Anak
Tribunnews/Bayu Indra Permana
Andien Aisyah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Andien Aisyah memanfaatkan bahan pangan lokal untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Menurutnya, banyak sekali pilihan bahan pangan lokal untuk sang buah hati demi mencegahnya dari risiko stunting.

"Sebenarnya banyak sekali, tapi aku tidak bisa sebutkan satu persatu. Nasi pakai ayam pakai sayur, begitu kan," ungkap Andien pada Media Briefing di Jakarta, Minggu (9/10/2023).

Andien membagikan bahan pangan lokal apa saja yang sering dia olah jadi camilan. Misalnya seperti otak-otak. Camilan yang berbahan baku ikan ini ternyata jadi kesukaan anak-anaknya.

"Tapi kalau misalnya ngomongin masalah camilan, camilan kesukaan anakku adalah otak-otak. Kebetulan bapak aku jualan. Usaha bapak," jelas Andien.

Camilan lain yang tersedia adalah kripik tempe. "Kalau untuk kriuk-kriuk, anak suka banget makan kriuk, makanya kripik tempe selalu ada di rumah," tambahnya.

Camilan dari bahan pangan lokal lain yang jadi kesukaan Andien salah kacang hijau. Selain bisa diolah menjadi bubur kacang hijau, dari bahan baku yang sama, Andien pun bisa makan jenis camilan yang lain.

BERITA REKOMENDASI

"Dibuat sendiri oleh ibuku, waktu aku lagi hamil, kan ingin ya makan kacang ijo. Tapi kayanya blenek banget makan kacang ijo tiap hari. Akhirnya aku coba bikin semacam kacang hijau goreng," paparnya.

Baca juga: Andien Aisyah Beberkan Pola Asuh di 1000 Hari Kehidupan Pertama Sang Buah Hati

Jadi kacang hijau digoreng dengan sedikit minyak kelapa. "Kemudian dikasih garam, ya sudah dimakan. Dan itu anakku suka sekali jadi cangjoreng," imbuhnya.

Camilan-camilan ini pun dianggap baik oleh dokter ahli gizi dan ksehatan Dr. Tan Shot Yen. Terutama caliman otak-otak.

Baca juga: Cerita Andien Aisyah Sulit Dapat Air Bersih Saat Traveling Bersama Anak

"Kalorinya oke banget. Mendukung protein hewani, iya setuju. Otak-otak adalah finger food yang keren. Makanan Indonesia banget. kaya akan ikan, pakai santan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas