Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Hanung Bramantyo Jelaskan Alasan Bikin Film Terbarunya Berbeda dari Judul Novel Aslinya

Film drama berjudul Tuhan Izinkan Aku Berdosa garapan sutradara Hanung Bramantyo diputar perdana di event Jakarta Film Week.

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Hanung Bramantyo Jelaskan Alasan Bikin Film Terbarunya Berbeda dari Judul Novel Aslinya
Tribunnews/Bayu Indra Permana
Hanung Bramantyo usai penayangan perdana film Tuhan Izinkan Aku Berdosa di Jakarta Film Week, CGV Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (27/10/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Film drama berjudul Tuhan Izinkan Aku Berdosa garapan sutradara Hanung Bramantyo diputar perdana di event Jakarta Film Week.

Film garapan Hanung Bramantyo itu merupakan adaptasi dari novel karya Muhidin M Dahlan berjudul Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur! yang dirilis pada tahun 2003.

Hanung menjelaskan alasannya menggunakan judul yang berbeda ketika mengadaptasi novel tersebut.

"Waktu itu sempet Judulnya Surat Izinkan, itu buat surat izin ke Kapolsek untuk lokasi cuman itu aja. Emang judul ini sulit yaa," jelas Hanung Bramantyo di CGV Grand Indonesia Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

"Dan kenapa akhirnya kami memilih judul ini, kita mengadaptasi novel bukan memfilmkan novel," terang Hanung.

Hanung merasa tidak adil jika dirinya menggunakan judul yang sama persis dengan novelnya. Sebab, ia belum bisa memberikan jaminan bahwa film adaptasinya itu bisa semeledak seperti saat novelnya dirilis.

BERITA TERKAIT

"Karena hanya adaptasi, saya merasa gak adil menggunakan judul yang plek-plekan. Ini kan novelnya best seller dan diapresiasi, tapi film saya ini kan belum," tutur Hanung.

"Kalau judulnya sama plaek banget saya merasa gak adil aja," sambungnya.

Raam Punjabi selaku produser dari MVP Picture yang memproduksi film tersebut memberikan apreasi pada keberanian Hanung mengangkat isu yang cukup sensitif.

Baca juga: Jantung Hanung Bramantyo Seperti Koprol, Anak Masuk ICU karena Bronkitis, Saturasi Bhai Kaba Turun

"Buat Hanung, jangan berhenti membuat film yang bisa membuat kontroversi untuk kemudian diceritakan ke keluarga di rumah," beber Raam Punjabi.

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa menceritakan tentang kisah Nadya Kirani, seorang anggota Rohis atau kelompok kajian di kampusnya. Ia percaya sistem demokrasi berperan besar dalam kehancuran dunia, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Film Catatan Si Boy Rilis Poster dan Jadwal Tayang, Hanung Bramantyo Cerita Keseruan Shotingnya

Bersama organisasi Islam Dardariyah, Nadya berjuang untuk berdakwah mengenai sistem khilafah yang dianggap ideal dan sesuai dengan syariat Islam.

Karakter-karakter di film ini dibintangi oleh Aghniny Haque sebagai Kiran, Donny Damara sebagai Tomo, Djenar Maesa Ayu sebagai Ami, Andri Mashadi sebagai Da’rul, Samo Rafael sebagai Hudan, dan Nugie sebagai Alim Suganda

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas