Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Sembilan Musisi Hip Hop Gabung di Album Kompilasi Microphone Checka Volume 1

Ide album ini berawal dari gagasan Rulionzzo, musisi yang sebelumnya terlibat dalam album kompilasi hip-hop di tahun 90-an. 

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Willem Jonata
zoom-in Sembilan Musisi Hip Hop Gabung di Album Kompilasi Microphone Checka Volume 1
Ist
Para pengisi Album Microphone Checka Volume #1. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekiranya ada sembilan musisi hiphop lokal, ikut unjuk gigi di album kompilasi hip-hop, Microphone Checka Volume #1.

Album ini menghadirkan AB Mukacino dengan lagu "I'm Not Playing", FALLEN’T dengan "It's Story", Emirgency "Bacotan Anak Selatan", By A Febby "Microphone", Tacticalopsm "Timur Jakarta", Styphth "Hard Mode", Almamosca “Oh Marsinah”, Wiarthajaya "My Shot", dan Ongker dengan "Feel the Vibe".

Fauzan Lubis, alias Ojan Sisitipsi, dari Everydayindo, menjelaskan bahwa ide album ini berawal dari gagasan Rulionzzo, musisi yang sebelumnya terlibat dalam album kompilasi hip-hop di tahun 90-an. 

Ojan memang memiliki ketertarikan terhadap genre ini, kemudian menggarap proyek ini bersama Floor Inc dan USS Networks. 

“Pembuatan materi kompilasi ini memang sedikit menyita waktu. Namun, kami bersyukur bahwa prosesnya cukup mudah dan menyenangkan," kata Ojan kepada awak media, Selasa (24/9/2024).

"Terutama berkat teknologi yang memudahkan komunikasi dengan para musisi yang tersebar di berbagai kota,” jelas Ojan.

BERITA REKOMENDASI

Album ini melalui proses kurasi ketat, sekiranya dari 200 materi yang masuk, sembilan finalis terpilih untuk tampil di ajang Mic Check USS di JCC Senayan. 

Pengerjaan album ini memakan waktu sekitar tiga bulan dan menjadi tantangan tersendiri karena para musisi berasal dari lokasi yang berbeda-beda. 

Namun, seluruh pihak yang terlibat percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan hasil yang selaras dan mengesankan.

“Tujuan utama kerja sama ini adalah membawa musik hip-hop kembali mendominasi industri musik Tanah Air, seperti era 1993 hingga 2003. Kami yakin hal itu sangat mungkin terjadi lagi," tutur Ojan.

Proyek ini juga menjadi langkah strategis bagi Floor Inc untuk memperkenalkan diri sebagai sub label baru Sony Music Entertainment Indonesia yang fokus di genre hip-hop, urban, dan electronic. 

“Kami terus berupaya memperkenalkan talenta-talenta baru dan memperluas pengaruh mereka di industri musik Indonesia secara keseluruhan,” terang Wisnu Wicaksana, atau yang lebih akrab dikenal sebagai Oeboer selaku Head A&R dari Floor Inc.

Album Microphone Checka Volume #1 sudah tersedia di berbagai platform musik digital mulai 25 September 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas