Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

35 Ribu Pelari Berebut Hadiah Rp 600 Juta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan lomba lari ”Jakarta International 10 Km (JI10K) 2012” pada Minggu 20 Mei 2012.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in 35 Ribu Pelari Berebut Hadiah Rp 600 Juta
TRIBUN JAKARTA/GLERY LAZUARDI

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyambut hari ulang tahun (HUT) Ke-485 Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan lomba lari ”Jakarta International 10 Km (JI10K) 2012” pada Minggu 20 Mei 2012.

JI10K diikuti lebih dari 35 ribu peserta dari dalam dan luar negeri yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 600 juta.

Lomba lari yang telah dilaksanakan dari tahun 2004 ini merupakan Lomba Lari Jalan Raya sepanjang 10 Kilometer yang mendapatkan pengakuan internasional melalui sertifikat yang diberikan oleh IAAF (International Association of Athletics Federations) dan merupakan lomba lari jalan raya 10 Kilometer terbesar di Indonesia.

Lomba ini terselenggara atas kerjasama, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan MILO

Business Executive Manager MILO, Prillia Sandra, mengatakan, Jakarta International 10 KM merupakan event olahraga di DKI Jakarta yang sangat bergengsi dan diikuti oleh atlet elit nasional dan atlet elit internasional.

Peserta, datang dari dalam maupun luar negeri, memeriahkan lomba lari yang telah dilaksanakan sebanyak sembilan kali. 

"Dari daftar peserta, pelari Kenya mendominasi keikutsertaan dalam Jakarta International 10K 2012 untuk kategori elit internasional pria dan wanita,"ujarnya.

Pelari Kenya yang dipastikan ikut diantaranya Pius Maiyo Kirop, Patrick Kimell dan Eluid K. Ngeny, sedangkan wanitanya adalah Maryanne Wangari Wanjiru, Eunice Chebichii Chumba dan Peninah Arusei.

Sedangkan atlet elit nasional Agus Prayogo dan Triyaningsih akan kembali membuktikan kemampuannya.

"Pada Jakarta International 10K tahun 2011 Agus Prayogo menjadi juara kategori elit nasional putra dengan catatan waktu 30 menit dan 37 detik sedangkan Triyaningsih sebagai juara kategori elite nasional putri dengan waktu 33 menit 56 detik,"katanya. 

Para peserta tidak hanya datang dari atlet elit nasional dan internasional, tetapi juga dari kategori pelajar dan umum.

Bertema Green Energy For Jakarta, lomba dimulai di Silang Monas Barat Daya tepat pukul 06.30 dilepas langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Lomba Lari ini menempuh rute Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman, berputar di depan Kampus Unika Atmajaya, dan finish kembali di Silang Monas Barat Daya.

Beberapa atlet yang turut serta yaitu:

Pelari Elit Internasional:

Putra:
Kenya: Pius Maiyo Kirop, Patrick Kimell, Eluid K. Ngeny, Silas Kirupto
Uganda: Martin Torotich
Ukraina: Oleksander Sitkovsky
Italia: Giovanni Gualdi

Putri:
Kenya: Maryanne Wangari Wanjiru, Eunice Chebichii Chumba, Peninah Arusei,Philes Ongori
New Zealand: Lisa Robertson
Maroko: Benchatki Fatiha

Pelari Elit Nasional:

Putra:
Agus Prayoga, Jauhari Johan, Ridwan, Sukarno, I Gusti Gede Karang Asem, Amir Said, Nikolas Sila, Abdul Haris, Ferdi dan Acong Tio.

Putri:
Triyaningsih, Rini Budiarti, Yulianingsih, Olivia Sadi, Feri Marince Subnafeu, Unik Setyorini, Yanita Sari, Adriana Waru, Novita Andriyani, serta Meriana Paijo.

baca juga:

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas