Tribun Sport

Olimpade 2012

Nadal Mundur, Federer dan Djokovic Berebut Emas Olimpiade

Mundurnya Rafael Nadal membuka kesempatan yang lebih besar buat Roger Federer dan Novak Djokovic untuk jadi finalis olimpiade London 2012

Nadal Mundur, Federer dan Djokovic Berebut Emas Olimpiade
net
Novak Djokovic dan Roger Federer 

TRIBUNNEWS.COM – Mundurnya petenis rangking tiga dunia, Rafael Nadal dalam skuat tim olimpiade Spanyol membuka kesempatan yang lebih besar buat Roger Federer dan Novak Djokovic untuk jadi finalis olimpiade London 2012. Salah satu di antara keduanya akan segera meraih medali emas pertama di tenis tunggal putra.

Dengan keberhasilannya meraih gelar juara Wimbledon, Federer sejak awal telah difavoritkan untuk meraih medali emas London. Apalagi dengan absennya Nadal, diperkirakan petenis Swiss itu tak akan menemui rintangan berarti, kecuali dari petenis Serbia, Djokovic.

Sehingga tanpa Nadal, final olimpiade cabang tenis tunggal putra diperkirakan akan mempertemukan Federer dan Djokovic. Kedua petenis yang menempati dua rangking teratas itu kemungkinan besar tak akan bertemu di babak-babak awal, pertemuan mereka hanya akan terjadi di babak puncak.

Berbeda dengan Nadal yang sudah merasakan jadi peraih medali emas di nomor tunggal putra olimpiade, Federer dan Djokovic sama-sama belum merasakan pengalaman sukses seperti Nadal tersebut.

Federer baru meraih medali emas olimpiade hanya di nomor ganda putra di olimpiade 2008 saat berpasangan dengan Stanislas Wawrinka. Sedangkan Djokovic hanya pernah meraih medali perunggu di cabang tenis tunggal putra olimpiade Beijing 2008.

Mundurnya Nadal juga disayangkan banyak orang karena akan menghilangkan pertandingan paling menarik dan terbesar yang bisa terjadi di London. Nadal, yang merupakan peraih emas di Beijing empat tahun lalu tak bisa pulih dari cedera dalam waktu singkat.

Nadal juga kehilangan kesempatan sebagai atlet calon pembawa bendera nasional pada upacara pembukaan. Federasi tenis Spanyol (RFET) mengatakan bahwa Feliciano Lopez akan menjadi pengganti Nadal di nomor tunggal putera. Sedangkan di posisi ganda putra, Marc Lopez kini jadi rekan Marcel Granollers.

"Saya tidak berada dalam kondisi yang baik untuk bertanding. Ini pengalaman tersedih sepanjang karir saya, " kata Nadal.

Ia menyatakan dia tak bisa memaksakan ikut, "Saya harus memikirkan rekan satu tim, saya tidak bisa egois dan saya harus memikirkan kemajuan olahraga Spanyol, dan membiarkan rekan yang memiliki persiapan lebih baik untuk bermain dan dalam kondisi siap untuk bertanding," kata petenis berusia 26 tahun itu.

Tenis di olimpiade London akan menyediakan lima medali emas, terdiri dari medali emas tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Khusus untuk ganda campuran ini adalah pertama kalinya nomor ini dilombakan di olimpiade sejak 1924.

Tiap nomor tenis di olimpiade kali ini, pertandingannya akan mengunakan sistem pertandingan yang mencari pemain terbaik dalam tiga set (best of three). Kecuali untuk final tunggal putra akan menggunakan sistem "best of five sets". Turnamen berdasarkan format knockout, pemenang di babak semifinal akan bertemu untuk memperebutkan medali emas di babak final. (Tribunnews/mba)

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas