Tribun Sport

Olimpade 2012

Berkat Siaran Olimpiade, Korsel dan Korut Bersatu

Perselisihan Korea Selatan dan Korea Utara dalam ranah politik ternyata tidak merembet ke dunia olah raga

Berkat Siaran Olimpiade, Korsel dan Korut Bersatu
blog
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Perselisihan Korea Selatan dan Korea Utara dalam ranah politik ternyata tidak merembet ke dunia olah raga. Menurut salah seorang dari Kementerian Unifikasi Seoul, Senin (23/7/2012), perwakilan resmi Korea Selatan akan mengunjungi Korea Utara untuk membahas rencana penyiaran Olimpiade London 2012 di negara komunis tersebut pada pekan ini.

Menurut laporan AFP, Presiden Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU), Kim In-Kyu, akan mengunjungi Pyongyang untuk melakukan pembicaraan dengan Komite Radio dan Penyiaran Televisi Korea Utara dari Selasa hingga Kamis. Kim bisa melakukan kunjungan resmi setelah diundang Pyongyang untuk membahas penyiaran Olimpiade.

Kim yang juga mengendalikan Korea Broadcasting System (KBS), akan menjadi warga Korea Selatan pertama yang melakukan kunjungan resmi ke Korea Utara usai wafatnya Kim Jong-II pada Desember 2011. KBS sebelumnya memang telah menyatakan KBU berencana memberi hak siar untuk Olimpiade kepada 40 organisasi di 30 negara, termasuk Korea Utara.

Bukan kali ini saja ABU membantu Korea Utara menyiarkan sebuah gelaran olah raga besar dunia. Warga Korea Utara yang miskin bisa menyaksikan secara langsung putaran final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, di mana tim nasional Korea Utara juga ikut serta, berkat bantuan ABU dan FIFA.

Sementara hak siar Olimpiade untuk seluruh semenanjung Korea, termasuk Korea Utara, tetap dipegang stasiun televisi swasta Korea Selatan, SBS, hingga Olimpiade musim panas 2024. Mereka akan menyiarkan seluruh pertandingan bersama dua lembaga penyiaran publik lainnya, KBS dan MBC, serta memberi mandat kepada ABU terkait penyiaran di Korea Utara.

Korea Utara telah mengumumkan akan mengirim 51 atlet ke London. Mereka akan turun dalam 11 cabang olah raga, termasuk sepak bola wanita, angkat berat, tenis meja, dan gulat.

Sumber: Bolanews.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas