Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Antara Mitos & Sejarah Baru

Tidak terasa jika perhelatan akbar Kejuaraan Pacuan Kuda 'Sawahlunto Derby' 2013 sepertinya tinggal dalam hitungan jam

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Antara Mitos & Sejarah Baru
andalassinema.blogspot.com
Salah satu momen Sawahlunto Derby 

TRIBUNNEWS.COM, SAWAHLUNTO - Tidak terasa jika perhelatan akbar Kejuaraan Pacuan Kuda 'Sawahlunto Derby' 2013 sepertinya tinggal dalam hitungan jam.

Pentas pacuan yang menjadi 'event' pamungkas rangkaian kejurnas PP Pordasi ini digelar Minggu (8/12/2013) di lapangan Kandih, Sawahlunto, Sumbar.

Sehubungan dengan gelaran kejuaraan pacuan bergengsi ini, Wakil Sekretaris Umum PP Pordasi Noviardi Sikumbang sejak beberapa hari lalu sudah berada di Sawahlunto.

Berikut ini adalah paparan sekaligus analisis Noviardi Sikumbang terkait persaingan yang terjadi di 'Sawahlunto Derby'.

KELAS UTAMA

Pada kelas utama 'Derby' jarak 1.500 meter, sebanyak 12 kuda siap bersaing. Yaitu, 1. Hybro (pemilik Ali Yusuf, SPt/Walikota Sawahlunto (Sawahlunto Stable, Sumbar) 2..Haqqul Yakin (Sukun & Tombo Ati Stable/Solo, Jateng) , 3. Terruel (Karissa & Karina- Aragon Stable/Jabar), 4. Salido( Erizal Chaniago- Kubu Gadang Stable/Payakumbuh, Sumbar) 5. Patriot ( Ir. H. Zil. Akbar/BPS Bunda Stable/Bukittinggi,Sumbar) 6.Ratu Delima (Syafrianto/Saudara Stable/ Solok, Sumbar), 7. Kata Hati (Afdal SY/Nikita Stable/Bukittinggi, Sumbar), 8. Aroma Bunga (Anton/Sumintek Stable/Padang Panjang, Sumbar), 9. Wonder Women ( Rama Sinta Stable/Payakumbuh, Sumbar), 10. Tahlia Princess. (H. Aidil Azwar-Nikita Stable/Bukittinggi, Sumbar) , 11. Mawar Maestro (Memen - Mawar Flower Stable/Tanah Datar, Sumbar), 12.Pangeran Kandih ( Asrijal, SE/ Ketua Sawahlunto/ Stable, Sumbar).

Penyuka dan pencinta pacuan yang memadati lapangan Kandih, Sawahlunto, akan disuguhi pertandingan yang akan berlangsung seru, dimana kuda-2 asal berbagai kota di Sumbar, yaitu 3 dari Bukittinggi/Agam, 2 dari Payakumbuh/50 Kota, 2 dari Sawahlunto, dan 1 dari Solok, Batusangkar/Tanah Datar & Padang Panjang akan bersaing ketat dengan 1 dari Solo/Jateng & Bandung/Jabar.

BERITA TERKAIT

Sepanjang sejarah 'Sawahlunto Derby' belum pernah ada kuda asal luar Sumbar menjadi juara. Akankah tahun ini mitos itu bisa dipecahkan oleh Terruel atau Haqul Yakin? Terruel dari Aragon Stable/Jabar, dan Haqqul Yakin dari Tombo Ati Stable/Jateng, adalah kuda Kelas Remaja yang namanya pernah harum dari keberhasilannya merebut posisi terhormat pada kejuaraan yang diikutinya.

Karena itu promosi keduanya ke kelas 'Derby' pun tidak bisa diremehkan. Sementara itu, kuda Tahlia Princess milik Nikita Stable/Sumbar sengaja pulang kampung untuk ikut bersaing. Ada satu lagi yang perlu diwaspadai, yaitu kuda Hy Bro yang bulan lalu juara Kelas Derby di arena Bukit Gombak, Batusangkar. Menarik untuk mencermati , kuda yang akan mengukir sejarah di HUT ke 125 Kota Sawahlunto ini. (tb)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas