Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Atlet Indonesia Pecahkan 6 Rekor di SEA Games 2013

Empat atlet asal Indonesia berhasil memecahkan enam rekor lama sekaligus membuat rekor baru SEA Games

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Atlet Indonesia Pecahkan 6 Rekor di SEA Games 2013
net
Logo SEA Games 2013 

TRIBUNNEWS.COM – Empat atlet asal Indonesia berhasil memecahkan enam rekor lama sekaligus membuat rekor baru SEA Games di sepanjang digelarnya pesta olahraga dua tahunan tersebut. Telah tercipta 44 rekor baru pada penyelenggaraan pesta olahraga yang penutupannya digelar di Naypyidaw, Myanmar, Minggu (22/12/2013).

Empat atlet Indonesia yang memecahkan rekor tersebut terdiri atas Triady Fauzi Sidiq dari cabang olahraga renang, Eko Yuli Irawan (angkat besi), Deni (angkat besi), dan Maria Londa (lompa jangkit).

Perenang, Triady Fauzy Sidiq berhasil merebut emas sekaligus membuat rekor catatan waktu baru pada nomor 100 m gaya bebas putra. Dia melesat dengan catatan waktu 49,99 detik. Ini lebih cepat dari rekor sebelumnya 60,16 detik atas nama Daniel Bego dari Malaysia.

Lifter Eko Yuli Irawan berhasil memecahkan tiga rekor angkat besi SEA Games di kelas 62 kilogram putra. Masing-masing di angkatan Snatch 137 kg, Clean & Jerk 167 kilogram, dan angkatan total 304 kilogram.

Eko Yuli meraih medali emas pada nomor 62 kg putra dengan total angkatan 304 kg. Saat lomba, Eko mengalahkan Trung Le Quang dari Vietnam dan Myint Kyi dari Myanmar.

Rekan Eko Yuli, Deni memecahkan rekor angkat besi di kelas 69 kilogram. Rekor yang dibuatnya ada pada angkatan Snatch 148 kilogram. Deni meraih emas pada nomor 69 kg putra, dengan total angkatan 324 kg. Hasil tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang lifter Indonesia lainnya, Triyatno.

Di cabang atletik, Maria Londa sukses mencetak rekor lompatan baru pada nomor triple jump putri. Dia mencetaknya pada tanggal 17 Desember 2013. Lompatan yang dibuatnya sepanjang 14,17 meter.

BERITA TERKAIT

Lompatan sepanjang itu sudah cukup untuk memecahkan rekor SEA Games sebelumnya yang dipegang atlet Thailand, Thitima Muangjan yang dibuat di Viantine, Laos 14 Desember 2009 lalu.

Dari 44 rekor baru yang tercipta di SEA Games Myanmar tersebut, atlet terbanyak yang memecahkan rekor berasal dari Thailand dengan mencetak 18 rekor baru.

Dalam perolehan medali terakhir Singapura ada di peringkat keenam di bawah Malaysia, namun atlet-atlet Singapura banyak mencetak rekor. Mereka memecahkan 11 rekor baru. Sedangkan tak ada satu pun atlet Malaysia yang bisa memecahkan rekor di SEA Games kali ini.

Sementara itu, jumlah rekor yang diciptakan atlet-atlet asal Vietnam sama dengan jumlah rekor baru yang diciptakan Indonesia yaitu 6 rekor baru. Filipina mencetak dua rekor baru, sedangkan tuan rumah Myanmar yang menempati peringkat kedua di klasemen akhir perolehan SEA Games hanya mencetak satu rekor baru SEA Games atas nama Saw Mar Lar Nwe di atletik nomor jalan cepat 20 kilometer putri. Catatan waktunya 1 jam,. 35 menit, 03 detik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas