Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kejuaraan Dunia Catur Wanita

Irene Kharisma Sukandar vs Salome Melia Imbang 1-1

Babak pertama Womens World Chess Championship yang memainkan dua partai catur standar

Irene Kharisma Sukandar vs Salome Melia Imbang 1-1
foto: Kristianus Liem
Irene Kharisma Sukandar saat berhadapan dengan Salome Melia 

TRIBUNNEWS.COM, SOCHI - Babak pertama Women's World Chess Championship yang memainkan dua partai catur standar sudah berakhir Rabu (18/3) malam waktu Sochi, Rusia, atau Kamis (19/3) dinihari WIB.

Dari 32 pasangan pertandingan sistem gugur ini, tercatat 11 pasangan berakhir imbang 1-1, yang berarti meneruskan pertarungan ke tahap tie-break.

Termasuk dalam rombongan ini pecatur Indonesia IM Irene Kharisma Sukandar (2415) yang memaksa IM Salome Melia (2459) dua kali remis.

Skor seri 1-1 ini secara psikologis menguntungkan Irene. Irene mencuri rating Salome 1,2 poin. Secara angka tentu tidak banyak, tapi secara psikologis kemungkinan besar menekan Salome.

Apalagi pada partai kedua, setelah pertukaran Menteri pada langkah ke-26 Salome menawarkan remis yang ditolak oleh Irene. Ini tentu "memukul" karena Salome jelas lebih unggul dari sisi rating, nama besar, maupun pengalaman dan senioritas.

"Saya merasa unggul posisi, jadi tawaran remisnya saya tolak," tutur Irene kemudian.

Itu tentu keputusan yang tepat. Irene memang menguasai keadaan. Unggul posisi tapi sulit membuat kemajuan karena Salome demikian kuat membangun pertahanan.

Setelah Irene terus memaksakan serangan melalui serbuan bidak sayap-menteri, terbuka peluang Salome melancarkan serangan balik dari sentrum maupun sayap-raja. Pada satu momen Raja Irene hampir saja dimatkan di sayap-raja.

Pada momen lainnya, pada langkah ke-83, Kalau Salome lebih dulu memainkan 83.Ba7dari pada 83.Kxd2, kemungkinan besar ia bisa menang.

Pada partai pertama Salome juga sempat mendapatkan posisi menang tapi tidak menemukan variasi lanjutannya.

Nah jika dampak buruk psikologis dua kali gagal mengeksekusi posisi menang ini tidak mampu diatasi Salome, maka dalam partai tie-break Irene dapat memanfaatkan kondisi tersebut.

Penulis: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
Berita Populer
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas