Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Rifanty Tantang Lavinia

Petenis tuan rumah masih terus melaju dalam nomor perseorangan

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Rifanty Tantang Lavinia
humpas pelti
Rifanty Dwi Kahfiani 

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Petenis tuan rumah masih terus melaju dalam nomor perseorangan turnamen The 1st ISSF Tennis Championship yang berlangsung di Stadion Tenis Bukit Asam, Jakabaring Sport City, Palembang, Kamis (14/5).

Bahkan, pasangan ganda putri telah memastikan raihan medali emas bagi kontingen Merah Putih setelah mereka berhasil menciptakan All Indonesian Final.

Duet petenis junior, Rifanty Dwi Kahfiani (17) dan Heravita Mediana alias Vita Taher (19) bakal menjajal ketangguhan seniornya, Ayu Fani Damayanti (26) dan Lavinia Tananta (27) di laga pamungkas ganda putri kejuaraan tenis antar negara muslim itu.

 
 
Di semi final, Ayu dan Vivin masih terlalu tangguh bagi pasangan gado gado Oman dan Syria, Samar Al Bakry/Maria Eissa. Petenis yang akan menjadi wakil Indonesia di ajang SEA Games 2015 di Singapura itu menang telak, 6-0 6-0. Sedangkan Rifanty dan Vita harus berjuang keras mengalahkan pasangan asal negeri jiran Malaysia, Jawairiah Binti Noordin/Yus Sazlin Nabila Binti Jusri, 7-5 6-3.
           
“Semoga di final kami bisa makin kompak, saling mengisi satu sama lain. Dan yang lebih penting, semoga Vita bisa recovery sehingga cepat pulih dan sehat di final,” tutur Rifanty, soal laga final yang dipentaskan Jumat (15/5) sore.
           
Di nomor tunggal, putri Indonesia harus saling menyingkirkan sejak babak kedua atau perempat final. Rifanty menepiskan perlawanan Vita yang mengalami sakit perut, 7-6(3) 6-2. Sementara Vivin memupuskan harapan Ayu Fani, 6-3 6-2. Rifanty kembali akan menantang Vivin yang menjadi unggulan kedua pada partai semi final.
           
“Sudah dua kali ketemu Kak Vivin, di turnamen ITF Women Circuit 2012 dan Garuda Indonesia Master 2013. Hasilnya, kalah semua tetapi saya akan tetap berusaha all out saja,” kata Rifanty.
           
Pada kelompok putra, andalan tuan rumah juga belum terbendung dalam turnamen berhadiah total 65.000 dollar AS atau sekitar Rp 845 juta ini. Christopher Rungkat, unggulan teratas tunggal masih terlalu perkasa bagi wakil Maladewa, Fazeel Abdulla Faaih.
 
 
Peringkat ATP 460 itu menang telak, 6-0 6-1. Unggulan kedua, Aditya Hari Sasongko (1436) juga tak menemui kesulitan berarti saat membungkam petenis Kamboja, Vananasak Chheang 6-2 6-1. Di perempat final, Christopher akan meladeni andalan Syria, Amer Naow. Sedangkan Aditya bakal terlibat duel kidal dengan andalan Oman, Younis Al Rawahi.
           
Pasangan Christopher/Sunu Wahyu Trijati dan Aditya/David Agung Susanto yang menempati posisi unggulan atas juga berhasil melaju ke semi final. Duet unggulan pertama akan ditantang pasangan asal Kamerun, Augustin Ntouba/Etienne Teboh. Sedangkan unggulan kedua harus menghadapi duet Malaysia, Mohamad Assri Merzuki dan Syed Mohamad Agil Bin Syed Naguib.
           
           
Hasil Lengkap, Kamis (14/5)
Tunggal Putra
Christopher Rungkat v Fazeel Abdulla Faaih (Maladewa) 6-0 6-1
Amer Naow (Syria) v Muhammad Ashaari Bin Zainal Abidin (Malaysia) 6-1 6-4
Duncan Mugabe (Uganda) v Yacoub Makzoume (Syria) 6-2 6-3
Etienne Teboh (Kamerun) v Hussein Badreddine (Lebanon) 6-0 1-0 ret
Karim Alayli (Lebanon) v Mohhamad Assri Merzuki (Malaysia) 1-6 6-3 7-6(6)
Syed Mohamad Agil Bin Syed Naguib (Malaysia) v Ibrahin Abou Chahine (Lebanon) 6-0 6-1
Younis Al Rawahi (Oman) v Henry Prithul (Bangladesh) 6-1 6-0
Aditya Hari Sasongko v Vananasak Chheang (Kamboja) 6-2 6-1
Tunggal Putri
Fatma Al Nabhani (Oman) v Samar Al Bakry (Oman) 6-0 6-0
Jawairiah Binti Noordin (Malaysia) v Nastia Tursunova (Tajikistan) 6-1 6-1
Rifanty Dwi Kahfiani v Heravita Mediana 7-6(2) 6-2
Lavinia Tananta v Ayu Fani Damayanti 6-3 6-2
Ganda Putra
Christopher Rungkat/Sunu Trijati v Al Balushi/Al Rawahi (Oman) 6-1 6-0
Ntouba/Teboh (Kamerun) v Mugabe/Oringa (Uganda) 7-6(3) 6-2
Assri Merzuki/Syed Agil (Malaysia) v Alayli/Ballout (Lebanon) 6-3 6-1
Aditya Sasongko/David Agung v Al Mandhari/Al Zadjali (Oman) 6-0 6-0
Ganda Putri
Ayu Fani/Lavinia v Al Bakry/Eissa (Oman/Syria) 6-0 6-0
Heravita/Rifanty v Yus Sazlin Nabila/Jawairiah (Malaysia) 7-5 6-3
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas