Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Menpora Ingin Penanganan Operasi Bellaetrix Dipindah ke RSON Cibubur

Opsi itu diambil mengingat RSON semakin siap untuk merawat atlet yang mengalami cedera, karena didukung dengan kelengkapan jumlah peralatan.

Penulis: Reynas Abdila
zoom-in Menpora Ingin Penanganan Operasi Bellaetrix Dipindah ke RSON Cibubur
AFP PHOTO/WANG ZHAO
Pemain tunggal putri Indonesia, Bellaetrix Manupputy (kanan), terduduk karena cedera lutut kiri saat menghadapi pemain Tiongkok, Li Xuerui, pada laga semifinal Piala Sudirman di Dongguan, Sabtu (16/5/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Atlet bulutangkis wanita tanah air, Bellaetrix Manuputty, Minggu (12/6/2016) ramai diberitakan akan naik ke meja operasi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Bella, sapaannya, bakal dioperasi di bawah penanganan dr. Bobby Nelwan, yang spesialiasi bidang orthopedi karena peraih medali emas tunggal putri SEA Games 2013 Myanmar itu mengalami cedera serius ligamen lutut.

Menteri Pemuda dan Olagraga Republik Indonesia (Menpora) Imam Nahrawi yang mendengar kabar tersebut langsung memerintahkan jajaran Kemenpora untuk langsung mengadalan koordinasi dengan Direktur Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur, Dr dr Basuki Supartono, Sp.OT. FICS.MARS.

Opsi itu diambil mengingat RSON semakin siap untuk merawat atlet yang mengalami cedera, karena didukung dengan kelengkapan jumlah peralatan yang dimiliki.

Di antaranya empat alat fisioterapi, alat pemeriksaan kepadatan tulang dan komposisi lemak tubuh, "CPET" atau alat memeriksa VO2 Max dan Spirometri, alat untuk memeriksa telapak kaki serta alat pemeriksaan dengan fluroscopy saat operasi.

Namun demikian pihak RSON menyarankan agar Bella tetap dioperasi di RSPAD saja, karena prosedur kedokteran RSPAD sudah teragenda secara rapi, terperinci, dan proporsional.

Menurut Direktur RSON, tindakan pemindahan ke RS lain tidak dapat dilakukan kecuali dengan alasan sangat darurat yang tidak bisa ditangani oleh RSPAD.  

BERITA TERKAIT

Dr Basuki Supartono kemudian berjanji akan menyampaikan laporan kepada Menpora terkait pelaksanaan operasi hingga bertanggung jawab penuh pasca operasi. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas