Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Jabar Hampir Pasti Juara Umum PON 2016

Dua hari sebelum penutupan, posisi tiga besar masih tetap ditempati oleh Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Penulis: Muhammad Barir
Editor: Husein Sanusi
zoom-in Jabar Hampir Pasti Juara Umum PON 2016
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ATLET PON JABAR - Perwakilan atlet PON Jawa Barat diperkenalkan kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan tamu undangan pada Apel Besar Hari Jadi Ke-71 Provinsi Jawa Barat di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (19/8/2016). Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ahmad Heryawan memberi motivasi kepada atlet Jabar untuk dapat meraih juara umum sebagai tuan rumah PON XIX 2016 yang akan berlangsung 17-29 September 2016. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Perebutan medali PON XIX 2016 hanya tinggal menyisakan dua hari, Selasa dan Rabu (28/9). Setelah itu PON akan ditutup dalam upacara penutupan pada Kamis (29/9).

Di klasemen perolehan medali sementara, tuan rumah Jawa Barat berada di puncak dan mereka hampir pasti menjadi juara umum setelah perolehan medali emasnya nyaris tak mungkin terkejar pesaingnya.

Dua hari sebelum penutupan, posisi tiga besar masih tetap ditempati oleh Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Persaingan ketat terjadi antara DKI Jakarta dan Jawa Timur dalam perebutan peringkat Kedua.

Jabar mengoleksi 168 medali emas pada Senin (26/9) siang. Unggul jauh dari dua pesaing terdekat, Jawa Timur dan Jakarta. Jawa Timur meraih 104 medali emas, sedangkan Jakarta 102 medali emas.

Hampir dipastikan, posisi puncak klasemen milik Jabar dan komposisi tiga besar tidak akan berubah antara Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV Ahmad Heryawan mengatakan, Wakil Presiden M Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri Upacara Penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, di Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api, pada 29 September 2016.

BERITA TERKAIT

"Yang hadir saat closing ceremony PON nanti Pak JK, Insya Allah," kata Ahmad Heryawan dilansir Antara.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengusulkan kepada bagian acara PB PON XIX agar menampilkan lagu "Kebyar-Kebyar" ciptaan Gombloh saat Upacara Penutupan PON XIX/2016 Jawa Barat nanti.

"Konsep acara hampir mirip seperti opening kemarin, tapi saya pesan ke tim ke upacara penutupan agar ada lagunya Gombloh, saya usulkan lagu Kebyar-Kebyar," kata dia.

Alasan Aher ingin menampilkan lagu tersebut saat Upacara Penutupan PON XIX karena lagu itu merepresentasikan nasionalisme bangsa ini.

"Lagu ini saya kira bisa memberikan semangat tersendiri bagi warga nantinya, saya sudah bayangkan nanti penonton akan bernyanyi bersama membawakan lagu ini," kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat Perry Soeparman mengatakan "Harmonisasi Nusantara" akan menjadi tema Upacara Penutupan PON XIX/2016.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas