Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Pulau Bintan Jadi Tuan Rumah ajang Bintan Reebok Spartan

Daerah di Indonesia sekali lagi dipercaya sebagai tuan rumah ajang internasional.

Penulis: Fahdi Fahlevi
zoom-in Pulau Bintan Jadi Tuan Rumah ajang Bintan Reebok Spartan
KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA
Salah satu sudut tempat wisata Bintan, Kepulauan Riau. Pulau Bintan menawarkan paduan wisata hutan dan bahari. Pehobi lari, sepeda lintas alam, memancing, dan pehobi selam menjadikan bintan salah satu tempat pelesir. 

TRIBUNNEWS.COM - Daerah di Indonesia sekali lagi dipercaya sebagai tuan rumah ajang internasional.

Kali ini Kawasan wisata Pulau Bintan, Kepulauan Riau, terpilih sebagai tempat penyelenggaraan ajang olahraga aral rintangan internasional dalam ‘Bintan Reebok Spartan’.

Ajang ini akan berlangsung di Lagoi Bay, Pulau Bintan pada 19-20 November 2016 mendatang. ‘Bintan Reebok Spartan’ yang diselenggarakan oleh Mediacorp (pemilik brand Spartan dan jaringan media terbesar Singapura) ini sebagai rangkaian dari dua pertandingan Reebok Spartan yang sebelumnya sukses dilaksanakan di Singapura.

Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara mengatakan, Kemenpar memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Bintan Reebok Spartan yang diikuti banyak peserta atau wisatawan mancanegara (wisman) khususnya dari Singapura.

“Terpilihnya Bintan sebagai lokasi ajang olahraga aral rintangan internasional dalam Bintan Reebok Spartan yang diselenggarakan oleh organizer Mediacorp ini semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Banyak event olahraga internasional digelar di Bintan akan mendongkrak pariwisata Great Batam / Bintan yang tahun ini mentargetkan 2,6 juta wisman,” kata Ukus Kuswara, dalam jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Kamis (13/10).

Hadir dalam acara jumpa pers tersebut antara lain Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi, General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Group Abdul Wahab, Head/VP of Business & Operations Mediacorp Publishing Pte. Ltd Lesley Ngai Ma Yin, Marketing Director Spartan Race Michael Goodwin, Owner of Firefly Connections Lyndon Yeo, dan CEO PT Stareast Sejahtera Group Edwin Witarsa.

Ukus Kuswara mengatakan, Great Batam / Bintan merupakan pintu masuk utama wisman setelah Great Bali dan Great Jakarta yang tahun ini mentargetkan 12 juta wisman, 2,6 juta wisman diantaranya ditargetkan melalui pintu masuk great Batam/Bintan.

Terpilihnya Bintan yang beberapa kali sebagai lokasi penyelenggaraan event sport tourism internasional akan mendorong peningkatan kunjungan wisman.

Penyelenggaraan ajang Bintan Reebok Spartan akan memberi direct impact terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa serta media value yang tinggi.

"Apalagi sebagai organizer event ini adalah perusahaan jaringan media terbesar Singapura, diharapkan media value akan lebih tinggi,” kata Ukus Kuswara.

Head/VP of Business & Operations Mediacorp Publishing Pte. Ltd Lesley Ngai Ma Yin mengatakan, pertandingan Reebok Spartan yang ini persaingannya akan semakin ketat dan penuh tantangan dengan adanya kategori Spartan Beast yang memiliki rute panjang dan pertama kali dilakukan dalam Seri Singapura.

Peserta yang telah mengikuti seri; Spartan Sprint dan Spartan Super akan memiliki kesempatan untuk memasuki Seri Spartan Singapore Trifecta.

Dikatakan, Spartan Beast tidak hanya menjadi tes ketahanan, kesabaran dan keberanian, namun juga keuletan.

BERITA TERKAIT

Kategori Spartan Beast harus diikuti peserta dengan rute tempuh 21 Km dan dipenuhi dengan 35 macam tantangan aral rintangan sebagai akhir yang mesti dilalui dan diselesaikan untuk menuju Seri Spartan Singapore Trifecta.

Sedangkan Spartan Sprint berjarak tempuh 6 Km dengan total 20 jenis aral rintangan. Kategori pendek ini lebih cocok diikuti oleh atlet dari semua tingkatan stamina ataupun pemula, sebagai ajang explorasi rute dan medan pertandingan.

Bintan Reebok Spartan sebagai seri ketiga ini merupakan Competitive Heat yang tujuannya adalah sebagai nilai saing tantangan bagi peserta Elite dan Open Heats.

Peserta Competitive Heats akan bersaing untuk menang dan meraih point menuju tiket masuk pada pertandingan di Spartan World Championship.

Spartan adalah pemilik brand pertandingan aral rintangan terkemuka di dunia dan yang pertama dari jenis pertandingan yang meraih peringkat global.

Dengan lebih dari 170 event telah diselenggarakan di 25 negara. Tahun 2016, Spartan akan memiliki lebih dari 1 juta peserta global, dan menawarkan “Open Heats” untuk semua tingkatan peserta termasuk peserta di tingkat “Competitive” dan “Elit”.

Pertandingan Spartan memiliki balapan di tiga jarak yaitu; Sprint, Super dan Beast, dan sebagai puncakkejuaraan dunia setiap tahun adalah Reebok Spartan Race.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas