Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Training-Camp Equestrian SEA Games XXIX/2017: Pieter Jan Berkers Masih Evaluasi Secara Umum

Hari kedua training-camp bagi atlet berkuda ketangkasan yang diproyeksikan ke SEA Games XXIX/2017, Kuala Lumpur, Jumat (17/3), berjalan baik.

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Training-Camp Equestrian SEA Games XXIX/2017: Pieter Jan Berkers Masih Evaluasi Secara Umum
ist
Andry Sutoyo & Lady Dance 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari kedua training-camp bagi atlet berkuda ketangkasan yang diproyeksikan ke SEA Games XXIX/2017, Kuala Lumpur, Jumat (17/3), berjalan baik.

Instruktur asal Belanda Pieter Jan Berkers masih memberikan program yan sama seperti hari sebelumnya, Kamis (16/3), melalui latihan berkelompok dengan tunggangannya masing-masing, di arena indoor Adria Pratama Mulya Equestrian Centre.

Seperti diinginkan Pieter Jan Berkers hari kedua training-camp dimulai lebih cepat dari sebelumnya. Jika pada hari pertama pelatihan dimulai pkl 08.00 WIB, pada Jumat ini Pieter Jan Berkers memulainya lebih pagi lagi.

Ia bahkan meminta para rider untuk melakukan latihan fisik dengan joging di pelataran hotel tempat mereka tinggal, dalam kompleks APM Equestrian Centre, Jalan Raya Arya Wangsakara, Tapos, Tangerang, Banten.

Pelatihan untuk rider jumping (lompat rintangan) dilakukan hingga sekitar tengah hari. Tak ada perubahan dari pembagian kelompok dari para rider proyeksi SEA Games XXIX/2017 ini.

Sesi atau class pertama pelatihan jumping diikuti oleh Erwin M Yoga yang menunggan -Contend, bersama duet Andry Prastyono & Lady Dance (bukan Jumper, seperti ditulis sebelumnya), REVBISIBrayen Brata Coolen & Grace 292, dan Adi Katompo & Lisa.

Sesi kedua, Brayen dengan kuda Greta, Raymen Kaunang & Saltador, Marco Wowiling & I'm Special, dan Yanyan Hadiansyah & Bodius.

BERITA TERKAIT

Di sesi ketiga, Asep Lesmana &Levisto, Andry Sutoyo & Lady Dance, Brayen & Aragon's Bo. Terakhir, sesi keempat, formasinya adalah Adi Katompo & APM Nastelo, Ferry Wahyu Hadianto & Zandor, dan Raymen & Conquistador.

Nico Pelelalu, pelatih lokal yang mendampingi Pieter Jan Berkers, mengatakan jika pada hari pertama durasi yang diikuti setiap sesi masing-masing 45 menit, di hari kedua durasinya agak lebih lama.

"Karena latihan juga dimulainya lebih cepat," papar Nico Pelelalu, mantan jumper nasional.

Nico Pelealu mengatakan, Pieter Jan Berkers masih belum menyampaikan evaluasinya dari latihan dua hari pertama dengan rider jumping SEA Games XXIX/2017 ini.

"Mungkin nanti, di hari terakhir training-camp, Minggu (19/3) sore," jelasnya.

"Pieter belum secara detil mengatakan yang baik sama yang kurang. Dia baru mengevaluasi secara umum untuk dasar-dasar kuda jumping," papar Nico Pelealu.

"Atlet harus faham betul untuk mengatur irama keluwesan kuda, mengatur kecepatan dan keseimbangan," jelas Nico.

Fatchul Anas, manajer timnnas equestrian ke SEA Games XXIX/2017, menyaksikan dan mencermati proses pelatihan Pieter Jan Berkers kepada rider-rider jumping yang diproyeksikan ke SEA Games XXIX/2017 ini dari tribun arena indoor APM Equestrian Centre. tb

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas