Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Gowes Pesona Nusantara 2017 di Ternate Berjalan Sukses

Kegiatan Gowes Pesona Nusantara 2017 di Ternate pada Minggu (23/7/2017) berjalan dengan sukses.

Gowes Pesona Nusantara 2017 di Ternate Berjalan Sukses
ist
Gowes Pesona Nusantara 2017 di Ternate Berjalan Sukses 

TRIBUNNEWS.COM, TERNATE - Kegiatan Gowes Pesona Nusantara 2017 di Ternate pada Minggu (23/7/2017) berjalan dengan sukses.

Hal tersebut bukannya tanpa bukti, terlihat ketika sehari sebelumnya melaksanakan pengambilan tanah dan air, panitia pelaksana mampu bekerja sama dengan baik terhadap pihak pemerintah daerah serta Kesultanan Ternate, yang dengan khidmat dan sakral melakukan prosesi tersebut dimana akhirnya tanah dan air tersebut disemayamkan selama satu malam di Keraton Kesultanan Ternate.

Di hari pelaksanaan, meski diiringi hujan rintik tak menyurutkan para peserta untuk melangsungkan program Ayo Olahraga yang digagas oleh Kemenpora dengan terlebih dahulu melakukan senam masal Gowes Pesona Nusantara.

Walikota Ternate Burhan Abdurrahman mengibarkan bendera start di depan benteng Kalamata melepas sekitar 1000 pegowes.

Bedanya dari gowes yang bertajuk etape Babullah ini, beberapa kilometer pasca start, para pegowes berwisata di benteng Tolukko. Mereka memarkir sepedanya ditempat yang telah disediakan. Mengabadikan keindahan Benteng peninggalan Portugis itu dengan cara selfie atau foto grup.

Kemudian pegowes kembali melakukan perjalanan. Kali ini mereka singgah di Keraton Kesultanan Ternate, sekaligus menyaksikan penyerahan tanah dan air dari kesultanan Ternate ke pihak Kemenpora yang nantinya akan disatukan dengan daerah lainnya dari seluruh Indonesia yang akan dibawa ke Magelang, dijadikan Monumen Tanah dan Air Nusantara.

Di Keraton, penyerahan tak kalah sakralnya, para peserta berdiri rapih memutar didepan halaman berbaur dengan Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman, SH MM dan beberapa pejabat kemenpora seperti Sekretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Drs. Bambang Laksono dan Asdep Kemitraan dan Penghargaan Olahraga DR. Dwijayanto Sarosa Putra.

Prosesi peyerahan diiringi dengan hadirnya Bubato Akhirat menuruni anak tanggak Keraton sambil membawa tanah dan air yang ditaruh di bejana yang terbuat dari tanah liat yang diletakkan disebuah miniatur kapal laut.

Tanah dan air itu diserahkan Bubato Akhirat bersama Kie Malaha Marsaoly, Arifin Majid, kepada delapan petugas Paskibraka Kota Ternate, untuk selanjutnya diserahkan ke Walikota dan Assisten Deputi Kemenpora DR. Dwijayanto Sarosa Putra guna dibawa ke Magelang.

Disela-sela prosesi itu, dimanfaatkan para pegoes untuk melakukan foto-foto berlatar belakang Keraton Kesultanan Ternate, bahkan sebelum melanjutkan perjalannya menuju garis finish yang berlokasi di Benteng Oranje, para peserta berfoto bersama dengan Bubato Akhirat, pejabat Kemenpora, Paskibraka serta tanah dan air mereka yang akan dibawa ke tanah Jawa.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas