Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Indonesia Open 2019 Turnamen yang Bagus Banyak Peningkatan kata Head of Event Project BWF

Turnamen Indonesia Open 2019 kembali mendapat pujian dari Badminton World Federation (BWF).

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Indonesia Open 2019 Turnamen yang Bagus Banyak Peningkatan kata Head of Event Project BWF
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo menunjukkan medali usai mengalahkan pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan pada babak Final Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Pasangan Markus dan Kevin berhasil menjadi juara setelah mengalahkan pasangan Ahsan dan Hendra pada All Indonesian Final Ganda Putra Blibli Indonesia Open 2019 dengan skor 21-19 dan 21-16. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Turnamen Indonesia Open 2019 telah usai, namun demikian mendapat pujian dari Badminton World Federation (BWF).

Penyelenggaraan turnamen level super 1000 ini dinilai sukses. Indonesia Open 2019 tak cuma memberikan kenyamanan dan berbagai fasilitas kepada para pemain, tetapi juga kepada penonton.

Ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota berhasiln menyabet gelar juara Indonesia Open 2019, Minggu (21/7/2019). Tribunnews/Abdul Majid
Ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota berhasiln menyabet gelar juara Indonesia Open 2019, Minggu (21/7/2019). Tribunnews/Abdul Majid (tribunnews.com/abdul majid)

Kali ini penonton menikmati turnamen yang bertema sport-artainment, tak hanya dari segi tontonan bulutangkis kelas dunia, tetapi juga berbagai fasilitas dan hiburan yang disediakan di arena stadion. Sebelum laga final, penonton juga dihibur dengan alunan lagu dari Kahitna.

Pebulu tangkis tunggal putri Jepang Akane Yamaguchi menunjukkan medali usai mengalahkan pebulu tangkis tunggal putri India Pusarla Sindhu pada babak Final Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Akane Yamaguchi berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Pusarla Sindhu dengan skor 21-15 dan 21-16. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pebulu tangkis tunggal putri Jepang Akane Yamaguchi menunjukkan medali usai mengalahkan pebulu tangkis tunggal putri India Pusarla Sindhu pada babak Final Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Akane Yamaguchi berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Pusarla Sindhu dengan skor 21-15 dan 21-16. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Indonesia Open 2019 merupakan turnamen yang bagus, banyak sekali peningkatan. Saya ada di turnamen ini sejak tahun 2011 dan saya sangat menikmati berada di sini. Indonesia adalah tuan rumah yang baik, fans bulutangkisnya luar biasa. Event ini sangat bagus untuk mempromosikan bulutangkis ke masyarakat," kata Head of Event Project BWF, Koh Wa Cheng.

Pasangan ganda campuran nomor satu dunia asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.
Pasangan ganda campuran nomor satu dunia asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. (BWF BADMINTON)

"Saya melihat di sini bulutangkis sangat mudah diakses berbagai kalangan, penyelenggara juga menyajikan turnamen ini begitu bagus. Indonesia juga bisa menunjukkan budayanya kepada dunia, seragam yang dipakai wasit menambah identitas Indonesia di turnamen ini," ujar Koh.

Koh mengomentari atribut tradisional yang dipakai para wasit, hakim servis dan hakim garis yang sangat kental dengan budaya Indonesia.

Pebulu tangkis tunggal putra Taiwan Chou Tien Chen menunjukkan medali usai mengalahkan pebulu tangkis tunggal putra Denmark Anders Antonsen pada babak Final Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Chou Tien Chen berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Anders Antonsen dengan skor 21-18, 24-26 dan 21-15. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pebulu tangkis tunggal putra Taiwan Chou Tien Chen menunjukkan medali usai mengalahkan pebulu tangkis tunggal putra Denmark Anders Antonsen pada babak Final Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Chou Tien Chen berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Anders Antonsen dengan skor 21-18, 24-26 dan 21-15. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Wasit dan hakim servis menggunakan seragam batik, sedangkan para hakim garis menggunakan baju lurik Jawa dan blangkon.

BERITA TERKAIT

Sementara itu Achmad Budiharto sebagai Ketua Panitia Pelaksana Indonesia Open 2019, mengucap syukur atas suksesnya acara ini. Walaupun dari segi prestasi, dibandingkan tahun lalu, Indonesia mengalami penurunan, dari dua gelar menjadi satu gelar.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Tribunnews/Herudin)

"Kita patut bersyukur event ini bisa berjalan dengan baik, bisa kita lihat antusiasme penonton, mereka sangat menikmati situasi di Indonesia Open 2019. Secara prestasi harus diakui sedikit lebih rendah dari tahun lalu, mudah-mudahan tahun depan akan lebih baik," ujar Budiharto.

Indonesia berhasil meraih satu gelar ganda putra lewat laga all Indonesian final yang dimenangkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon atas Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Berikut hasil lengkap pertandingan final Indonesia Open 2019:

Ganda Putri

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (2/JPN) vs Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (3/JPN) 21-16, 21-18

Tunggal Putri

Akane Yamaguchi (4/JPN) vs P.V Sindhu (IND) 21-15, 21-16

Ganda Campuran

Zheng Siwei/Huang Yaqiong (1/CHN) vs Wang Yilyu/Huang Dongping (2/CHN) 21-13, 21-18

Tunggal Putra

Chou Tien Chen (4/TPE) vs Anders Antonsen (DEN) 21-18, 24-26, 21-15

Ganda Putra

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (1/INA) vs Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (4/INA) 21-19, 21-16

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas