Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Selain Absennya Marc Marquez, Kunci Kemenangan Fabio Quartararo di MotoGP Andalusia 2020 Terbongkar

Ada beberapa faktor dibalik performa gemilang pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo setelah menjuarai dua seri pembuka MotoGP 2020.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Selain Absennya Marc Marquez, Kunci Kemenangan Fabio Quartararo di MotoGP Andalusia 2020 Terbongkar
MotoGP.com
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo cetak rekor baru catatan waktu di Sepang 

TRIBUNNEWS.COM - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo mampu tampil gemilang dalam dua seri pembuka pada perhelatan MotoGP 2020.

Pembalap asal Perancis tersebut mampu merajai dua seri pembuka MotoGP Spanyol dan Andalusia 2020 yang sama-sama digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Khusus kemenangan di seri MotoGP Andalusia 2020, ternyata ada satu rahasia dimana Quartararo bisa melaju tanpa halangan untuk menjadi juara.

Selain kehadiran Marc Marquez yang menjadi pesaing beratnya, ada peran lain yang akhirnya membuat Quartararo mampu mendominasi tanpa cela di MotoGP Andalusia 2020 akhir pekan lalu.

Baca: Mengulas Tikungan ke 13 Sirkuit Jerez, Jatuhnya Maverick Vinales sampai Momen Menegangkan Para Rider

Kunci kemenangan Quartararo yakni terletak pada hal teknis ban yang ia pakai.

Dengan bantuan teknis ini ban Michellin miliknya bisa bertahan di situasi panas ekstrem yang membuatnya tidak mudah aus.

Menurut Autosport, Michellin mengirimkan email ke semua tim untuk mengaplikasikan scrub ke ban belakang lunak yang digunakan oleh para pembalap di sesi pemanasan pada hari Minggu.

BERITA TERKAIT

Scrub yang diaplikasikan dan dibiarkan dingin sebelum dimasukan ke dalam sarung ban akan memicu reaksi kimia.

Baca: Mengejutkan! Juara MotoGP 2020 Bukan Lagi Prioritas Buat Marc Marquez

Dengan ini ban lebih tahan panas bahkan hingga 10 derajat lebih dingin plus meningkatkan daya tahan karet di cuaca ekstrem.

Dengan suhu lintasan yang mencapai 60 derajat celcius, Quartararo bisa melaju tanpa kesulitan dan hal ini terlihat dari catatan waktunya yang baik di lap-lap awal.

Belakangan diketahui bahwa hanya pembalap Yamaha plus Suzuki saja yang melakukan ini.

Baca: Ternyata Parah! Ini yang Menyebabkan Marc Marquez Absen di Andalusia

Juru bicara Michellin angkat suara mengenai hal tersebut di mana sebenarnya perusahaan ban hanya merekomendasikan dan pilihan untuk mengaplikasikan tergantung pada masing-masing tim.

"Kami selalu membuats rekomendasi dari waktu ke waktu dan pilihan kembali lagi pada mereka," tutur seorang juru bicara Michellin.

"Kamu hanya menggunakannya tiga putaran dan biarkan ban dingin. Begitu dingin, tutup sampai tiba balapan. Dengan ini senyawa lebih tahan panas dan suhu bisa berkurang hingga 10 derajat," ucapnya.

Dengan begini, trio Yamaha yang naik podium yaitu Quartararo, Vinales, dan Rossi melakukan apa yang direkomendasikan Michellin.

Quartararo sendiri mengatakan jika dalam setiap balapan dia selalu menggunakan ban baru namun di Andalusia adalah pengecualian.

Artikel ini telah tayang di Bolasport.com dengan judul "Trik Ngacir Quartararo di MotoGP Andalusia Terbongkar! Ternyata Simpel".

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas