Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Equinara Pulomas Open2020: Claresta Tampil Gemilang dengan Merebut Podium Pertama

Perhelatan Equinara Pulomas Open memasuki tahun kedua setelah diadakan pertama kali pada 2019 silam.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Equinara Pulomas Open2020: Claresta Tampil Gemilang dengan Merebut Podium Pertama
tribunnews.com/abdul majid
Claresta Tampil Gemilang dengan Merebut Podium Pertama 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Perhelatan Equinara Pulomas Open memasuki tahun kedua setelah diadakan pertama kali pada 2019 silam.

Namun, ada yang berbeda pada gelaran terkini di mana tahun ini mempertandingkan dua kategori kompetisi yang berbeda, yakni kelas FEI (Federasi Equestrian Internasional) Jumping World Challenge dan kelas 1st Indonesia Pony Club Rally.

Bertempat di Equinara Horse Sports, Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jakarta, 15-16 Agustus 2020, Equinara Pulomas Open 2020: FEI Jumping World Challenge & 1st Indonesia Pony Club Rally secara umum mempertandingkan 12 kelas, yakni lima kelas dressage (tunggang serasi) dan tujuh kelas show jumping (lompat rintangan).

Khusus untuk FEI Jumping World Challenge pertandingan akan terbagi dalam 3 (tiga) kategori, yakni kategori A untuk kelas jumping 120-130 cm, kategori B untuk kelas jumping 110-120 cm dan kategori C untuk kelas jumping 100-110 cm.

Bertajuk FEI Jumping World Challenge, kompetisi ini jelas tak main-main. Para atlet dituntut untuk menampilkan yang terbaik lantaran nantinya bakal menjadi wakil Indonesia dalam Final FEI Jumping World Challenge yang diadakan di Senegal, Afrika pada 2021.

"Di dalam Equestrian Pulomas Open ini ada dua pertandingan yang diperebutkan. Pertama FEI Jumping World Challenge, ini diadakan oleh seluruh negara di bawah naungan equestrian internasional," kata Ketua Penyelenggara Equestrian Pulomas Open, Adinda Yuanita, di Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas, Minggu 16 Agustus 2020.

Claresta Merebut Podium Pertama
Claresta Tampil Gemilang dengan Merebut Podium Pertama

"Nah, dari sini akan dikumpulkan seluruh poin dari berbagai negara dengan sistem kualifikasi yang kredibel untuk bertanding di Jumping World Challenge 2021 di senegal. Jadi, ini hal yang sangat penting untuk pembinaan olahraga berkuda di Indonesia," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Tak cuma menggelar FEI Jumping World Challenge, Equestrian Pulomas Open juga melakukan terobosan dengan mengadakan kompetisi Indonesia Pony Club Rally.

Ini adalah yang pertama di Indonesia dan dibentuk untuk menjadi role model bagi penyelenggaraan kompetisi sports pony lainnya di seluruh penjuru Indonesia.

"Di Indonesia sebenarnya banyak kuda asli Indonesia. Kebetulan kuda asli Indonesia itu kategori poni. Nah, kita berharap buat pembibitan dan pembinaan atlet-atlet di seluruh Indonesia kita bisa menggunakan kuda asli indonesia. Inilah sesuatu yang baru di Equestrian Pulomas Open. Jadi, kuda poni bisa digunakan untuk kelas anak-anak jadi bisa untuk regenerasi prestasi berikutnya," tutur Adinda yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Pordasi.

Di sisi lain, Equestrian Pulomas Open 2020 juga memunculkan salah satu atlet muda berbakat. Dia adalah Claresta Amantha Kamsari.

Turun di kelas Preliminari, dia mampu tampil kompak dengan tunggangannya yang bernama First Lady. Hasilnya pun sangat memuaskan. Bersaing dengan lawan yang lebih senior, Claresta berhasil menyabet podium pertama setelah mengumpulkan 185 poin.

"Tentu sangat puas bisa juara karena saya baru beradaptasi dengan kuda saya. Hal itu sangat menantang dan saya senang hari ini bisa tampil lancar," tutur Claresta.

"Persaingan terasa sangat ketat karena banyak rider berpengalaman dengan kudanya sendiri dan mereka bagus-bagus. Semoga dengan ini saya bisa memperbaiki kesalahan dan kedepannya bisa ikut lomba dengan First Lady dengan hasil yang lebih maksimal," ucap Claresta.

Ke depannya, Claresta bakal berusaha mematangkan kemampuan di kategori dressage. Sebab, dia ingin fokus membangun prestasi lewat kategori ini. Dan jika memungkinkan ingin mengharumkan nama Indonesia lewat berkuda.

"Aku ingin fokusnya di kategori dressage. Mungkin, sesekali mencoba show jumping untuk refreshing," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas