Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Raja Sapta Oktohari Sambut Positif Keppres Soal Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Presiden Joko Widodo telah menerbitkan keputusan Presiden tentang panitia pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 pada Rabu (21/4/2021)

Raja Sapta Oktohari Sambut Positif Keppres Soal Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
tribunnews.com/abdul majid
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari saat diwawancarai di Kantornya usai mengadakan acara buka bersama media, Jumat (23/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah menerbitkan keputusan Presiden tentang panitia pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 pada Rabu (21/4/2021).

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari pun menyambut positif Keppres tersebut.

Menurutnya, hadirnya Keppres bakal memudahkan pihaknya untuk berkoordinasi dengan lembaga atau Kementerian lainnya.

“Kenapa Keppres selama ini kami tunggu karena dengan adanya Keppres jadi ada landasan hukum kami melakukan koordinasi dengan lintas Kementerian,” kata Okto di Kantor NOC Indonesia, Sudirman, Jakarta, Jumat (23/4/2021).

“Dari kemarin kan kami bingung mau gimana karena tidak ada dasarnya, gimana caranya kita mengumpulkan kementerian kalau tidak ada Keppres,” lanjut dia.

“Kalau sekarang clear, kami sudah direstui, sudah resmi dari pemerintah dari presiden bahwa ini bisa dilakukan dengan semua kementerian dengan begitu kami bisa mengoptimalkan kinerja kami, tapi kami juga tidak datang tangan kosong, materi kami sudah siap,” jelasnya.

Seperti diketahui, Indonesia menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 saat Presiden Joko Widodo menutup perhelatan Asian Games 2018 secara resmi.

Presiden mengungkapkan hal tersebut secara langsung di depan Presiden IOC Thomas Bach yang hadir dalam upacara penutupan Asian Games 2018.

NOC Indonesia dan IOC melakukan pembicaraan tertutup sejak Desember 2020 dan pada awal Februari lalu, NOC Indonesia memberikan pemaparan proposal konsep penyelenggaraan di depan Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan, yang dipimpin oleh Kristin Kloster Aasen.

Dalam pemaparan ini, NOC Indonesia mendapat dukungan penuh dari Menteri BUMN, yang juga IOC member, Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Kadin Roslan P. Roeslani.

Berdasarkan pemaparan tersebut, Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan merekomendasi Indonesia untuk melanjutkan ke fase dialog berkelanjutan, yang merupakan tahap kedua dari norma baru yang dijalankan IOC dalam memilih tuan rumah Olimpiade.

Dengan keppres pembentukan panitia pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032, yang disebut INABCOG ini, NOC Indonesia siap bekerja sama dan memberi dukungan penuh kepada INABCOG dan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk mewujudkan ambisi Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

“Dengan adanya keppres, kerja INABCOG bisa lebih fokus. Dan, kami siap bekerja sama dengan INABCOG serta kementerian dan lembaga terkait dalam usaha pemenangan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032,” kata Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Ferry Kono.

Ikuti kami di
Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas