Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Workshop Pelatihan Wasit dan Judge MMA Amatir level C Digelar Sandro Academy Indonesia dan GAMMA

Workshop menjelang sosialisasi program Global Association of Mixed Martial Art (GAMMA) Amatir di Indonesia 2022

Workshop Pelatihan Wasit dan Judge MMA Amatir level C Digelar Sandro Academy Indonesia dan GAMMA
Dok. Sandro Academy Indonesia
Workshop Pelatihan Wasit dan Judge MMA Amatir level C Digelar Sandro Academy Indonesia dan GAMMA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang sosialisasi program Global Association of Mixed Martial Art (GAMMA) Amatir di Indonesia 2022, GAMMA yang berkantor pusat di Belanda menjalin kolaborasi dengan Sandro Academy Indonesia dengan mengadakan workshop dan pelatihan wasit serta judge MMA Amatir level C di Dojo Sandro Academy, Tangerang, Banten pada tanggal 26 Juni mendatang.

Diperkirakan sebanyak 30 calon wasit dan judge akan diberikan kesempatan untuk mendaftar dan mengikuti kegiatan ini. Jumlah tersebut merupakan kuota yang ditetapkan oleh GAMMA dan Sandro Academy di masa pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia.

Para peserta akan diberikan materi oleh instruktur wasit Joshua Hamilton yang telah mendapat rekomendasi langsung dari Alexander Engelhardt, selaku President GAMMA sebagai Head of Referee GAMMA di Indonesia.

Program ini termasuk agenda rutin yang akan diprogram oleh GAMMA Indonesia setiap tahun sebelum kompetisi atau ekshibisi GAMMA Amatir bergulir di daerah.

"Kegiatan ini sebagai wadah untuk meningkatkan performa perangkat pertandingan yang memiliki peluang untuk bertugas di ajang olahraga Mixed Martial Arts (MMA) Internasional dan menambah pengetahuan wasit-wasit tersebut mengenai Regulasi MMA versi GAMMA," ungkap Technical Director GAMMA Indonesia, Subhan Prasandra saat memantau langsung persiapan kegiatan tersebut, Jumat (4/6/2021).

Subhan Prasandra sangat mengapresiasi atas program penyelenggaraan pelatihan wasit dan Judge MMA jelang bergulirnya kompetisi nasional GAMMA ini.

Pria yang akrab disapa Subhan itu mengatakan jika kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para wasit dan judge yang akan mendapat tugas di kompetisi dan ekshibisi MMA Amatir nasional yang akan dimulai pada tahun 2022 mendatang, terlebih GAMMA senantiasa bekerjasama dengan berbagai program Pro MMA Internasional seperti ONE Championship, Brave MMA sebagai wujud untuk melangkah menjadi anggota IOC kedepannya.

Terlebih pada bulan Juli mendatang, Kejuaraan MMA Asia akan bergulir di Kyrgyzstan. Barangkali ada wasit atau fighter kita ada yang memenuhi kualifikasi untuk berperan dikegiatan tersebut.

"Peran wasit dan Judge di sebuah pertandingan MMA sangat penting. Untuk itu, wasit dan Judge harus mempunyai kemampuan yang baik dalam perwasitan, integritas, dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Subhan Prasandra.

Subhan Prasandra bersama Alexander Engelhardt selaku President GAMMA (secara Live Zoom), akan dijadwalkan hadir di lokasi acara untuk membuka serta memberikan arahan pada kegiatan tersebut.

Subhan berharap seluruh peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. Dia menjamin semua penilaian dilakukan secara objektif. "Bagi wasit yang mengikuti pelatihan, kami ingin mereka belajar terus karena ini sebagai bekal yang bagus untuk memimpin kompetisi kompetisi nasional kedepannya.

Wasit dan Judge adalah tokoh utama dalam menjaga olahraga Mixed Martial Arts (MMA) Indonesia. Ketegasan dan keberanian yang benar dari wasit dalam menegakkan Laws of the Game di lapangan adalah kunci menuju Olahraga MMA Amatir Indonesia yang berintegritas," jelas Subhan.

"Agenda workshop dan pelatihan wasit dan judge terdiri atas teori dan praktik, terutama referee test untuk mendapatkan sertifikasi Level C," jeas Subhan Prasandra.

Ikuti kami di
Penulis: Toni Bramantoro
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas