Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Turnamen Catur Daring 'Bulan Bung Karno & HUT PDIP ke-48/2021' Siap Digelar

Ketua Umum Percasi Kalimantan Tengah H Agustiar Sabran menggagas turnamen catur daring/online

Turnamen Catur Daring 'Bulan Bung Karno & HUT PDIP ke-48/2021' Siap Digelar
Chess.com
Ilustrasi Rekaman Pertandingan Pecatur Indonesia Kalahkan GothamChess di Chess 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati hari kelahiran Bapak Proklamator Republik Indonesia Bung Karno yang tepatnya jatuh pada tanggal 6 Juni sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan Ke-48, Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalimantan Tengah, H Agustiar Sabran yang juga anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, menggagas turnamen catur daring/online bertema 'Bulan Bung Karno dan HUT PDIP Ke-48/2021' di platform catur daring yang sudah dikenal akrab oleh para pecatur Indonesia yaitu Lichess.Org.

“Kami menggagas turnamen catur online ini karena pertandingan catur daring semakin banyak diminati oleh para pecatur Indonesia terlebih di saat pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir,” ungkap H Agustiar Sabran yang juga hobi bermain catur.

Memang akhir-akhir ini pertandingan catur daring semakin booming di Indonesia, terutama sesudah kejadian 'Dewa Kipas' nama sebuah akun di platform catur daring yang berhasil mengalahkan pecatur dari Amerika tetapi akhirnya akun 'Dewa Kipas' tersebut di banned permanen oleh platform catur daring Chess.Com, karena sesudah dianalisa diduga 'Dewa Kipas' menggunakan bantuan program komputer saat bertanding.

Hingga berita ini ditulis, peserta yang sudah mendaftar secara online di platform https://lichess.org/ berjumlah 773 orang.

“Diperkirakan sampai turnamen dimulai besok 6 Juni 2021 jam 14.00 WIB, peserta bisa di atas seribuan orang,” kata koordinator pelaksana Henry Hendratno yang juga Sekretaris Jenderal Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi).

Format pertandingan yang digunakan pada turnamen catur daring “Bulan Bung Karno & HUT PDIP Ke-48/2021” adalah catur kilat 5 menit, yang mana pemain pemegang buah putih dan buah hitam masing-masing mendapat jatah waktu berpikir 5 menit.

Sistem pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan adalah sistem Arena 120 menit, dimana selama 120 menit tersebut setiap pemain harus mengalahkan lawan sebanyak mungkin.

Semakin cepat mengalahkan lawan maka seorang pemain akan semakin cepat pula mengumpulkan angka/poin, sampai batas waktu 120 menit barulah angka kemenangan setiap pemain akan dijumlah.

Dari seluruh peserta babak penyisihan akan dipilih 48 orang (sesuai HUT PDIP) peringkat teratas untuk maju ke babak final.

Pendaftaran untuk mengikuti turnamen ini gratis! Bahkan disediakan hadiah bagi para pemenang, dengan total hadiah babak penyisihan Rp 6,4 juta untuk 48 peringkat teratas yang berhak maju ke babak final.

Total hadiah babak final Rp 3 juta untuk 5 peringkat teratas.

Jadwal pertandingan :
Babak Penyisihan: Minggu, 6 Juni 2021 Start Pukul 14.00 WIB
Catur Kilat 5 menit.

Sistem Arena 120 menit – No Berserk, No Arena Streaks

Babak Final: Minggu, 6 Juni 2021 Start Pukul 21.00 WIB
Catur Kilat 5 menit. Sistem Swiss 8 Babak.

Total Hadiah Babak Penyisihan Rp 6.400.000,- untuk 48 peringkat teratas yang berhak maju ke babak final.
Total Hadiah Babak Final Rp 3.000.000,- untuk 5 peringkat teratas.

Ikuti kami di
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas