Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Peraih Medali Emas Olimpiade Kedepan Bisa Dimakamkan di TMP Kalibata, Itulah Upaya Menpora Amali

Zainudin Amali sebelumnya telah mengupayakan agar Markis Kido bisa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata.

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Peraih Medali Emas Olimpiade Kedepan Bisa Dimakamkan di TMP Kalibata, Itulah Upaya Menpora Amali
Dok. Kemenpora
Zainudin Amali 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali sebelumnya telah mengupayakan agar Markis Kido bisa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata.

Mengingat Markis Kido telah meraih prestasi membanggakan untuk Indonesia; medali emas Olimpiade 2008.

Dan juga penghargaan Parama Kridha Utama Kelas I dari Presiden SBY pada tahun 2008.

Akan tetapi, upaya tersebut tak bisa terwujud lantaran penghargaan yang didapatkan Markis Kido tak masuk dalam kriteria yang bisa dimakamkan di TMP Kalibata. 

Syarat untuk bisa dimakamkan di TMP yakni mereka yang mendapatkan enghargaan dari pemerintah (Presiden RI) yang  berupa Bintang Republik Indonesia, Bintang Maha Putra, Bintang Sakti, Bintang Gerilya, dan Anggota TNI/Polri yang gugur dalam pertempuran.

Untuk itu, agar ke depan para pahlawan olahraga Indonesia khususnya peraih medali emas Olimpiade, Menpora Amali bakal mengupayakan.

BERITA REKOMENDASI

“Ya, ini memang nanti saya akan lapor ke Bapak Presiden, minimal mereka yang dapatkan medali emas di Olimpiade kan mereka sudah pahlawan, itu juga kami ingin bisa disetarakan dengan para pahlawan atau pejuang lainnya,” kata Menpora Amali saat takziah ke rumah duka Markis Kido, Grand Wisata, Bekasi, Rabu (16/6/2021).

“Karena soal ini kan bukan ada di ranah Kemenpora. Saya akan lapor ke Bapak Presiden lebih dulu. Kami tunggu arahan beliau dan tentu akan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial dan instansi terkait kan ada yang untuk pemberian tanda jasa itu, itu akan kami koordinasikan,” jelasnya.

Nantinya, rencana tersebut juga bakal masuk dalam grand desain keolahragaan nasional khususnya dalam perhatian pemerintah terhadap atlet Indonesia yang berprestasi.

Seperti diketahui, grand desain keolahragaan nasional sampai saat ini masih digodok oleh Kemenpora yang bakal melihat lebih rinci guna meningkat prestasi olahraga Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas