Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Menpora Amali: Venue Atau Cabor yang Siap Sudah Bisa Gelar Tes Event Jelang PON Papua

Sebelum menggelar kejuaraan, biasanya panitia penyelenggara bakal mengadakan test event.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Menpora Amali: Venue Atau Cabor yang Siap Sudah Bisa Gelar Tes Event Jelang PON Papua
tribunnews.com/abdulmajid
Zainudin Amali 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebelum menggelar kejuaraan, biasanya panitia penyelenggara bakal mengadakan test event.

Begitu pun dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang terselenggara pada 2 – 15 Oktober 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan untuk test event bagi venue atau cabang olahraga yang sudah siap bisa menggelar test event.

Sementara itu untuk tes event yang terhambat yakni lantaran masih menunggunya peralatan yang didatangkan dari luar negeri.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali baru saja melakukan rapat kerja bersama Komisi X DPR RI guna membahas RKA/KL dan RKP Kemenpora tahun 2022 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6/2021).
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali baru saja melakukan rapat kerja bersama Komisi X DPR RI guna membahas RKA/KL dan RKP Kemenpora tahun 2022 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6/2021). (Dok. Kemenpora)

“Untuk tes event itu memang berbeda-beda, kita komunikasikan dan koordinasi dengan  PB PON. Jadi tidak semuanya seperti itu, ada juga yang akhir Juli ini datang untuk tes event. Itu (peralatan pertandingan) yang kita punya bukan dari luar karena sudah siap,” ungkap Zainudin Amali, Selasa (13/7/2021).

“Sedangkan untuk kendala sekarang kita masih kesulitan karena harus datangkan  beberapa peralatan dari luar negeri, karena akan standarisasi dan sertifikat yang menentukan itu International Federation (IF). Jadi akan dicek dulu peralatannya. Tapi kalau yang sudah ada dan siap di dalam negeri saya pikir tidak ada masalah dan test event bisa tetap berjalan,” jelasnya.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Zainudin Amali juga menjelaskan bahwa test event sengaja diadakan di dekat-dekat waktu penyelenggaraan guna menjaga peralatan pertandingan agar tidak mudah rusak.

Seperti diketahui, untuk pembangunan venue-venue PON sendiri sudah hampir rampung atau pengerjaanya sudah mencapai 90 persen.

PON Papua logo
PON Papua logo (kemlu.go.id)

Venue-venue pertandingan terbagi di empat wilayah yakni Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“PB PON juga sebelumnya bilang akan mudah rusak apabila terlalu cepat digunakan (tes event). Jadi ini kesempatan dari Kemenpora, PB PON dan Technical Delegate untuk melihat itu. Itu sudah kita hitung dan mudah-mudahan tak jadi masalah,” ujar Zainudin Amali.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas