Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sesmenpora: Legenda Bulutangkis Verawaty Wiharjo yang Sakit Keras Sudah Dapat Perhatian Pemerintah

dikabarkan mantan juara dunia tahun 1980 itu sulit mendapatkan perawatan di Rumah Sakit.

Sesmenpora: Legenda Bulutangkis Verawaty Wiharjo yang Sakit Keras Sudah Dapat Perhatian Pemerintah
dok.setkab.go.id
Legenda Bulutangkis Indonesia, Verawaty Wiharjo saat membawa obor Asian Games 2018 bersama Presiden Joko Widodo. 

Abdul Majid /Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto mengatakan Legenda Bulutangkis Indonesia, Verawaty Wiharjo yang tengah mengalami sakit keras kini sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Sebelumnya dikabarkan mantan juara dunia tahun 1980 itu sulit mendapatkan perawatan di Rumah Sakit.

Sang suami Verawaty Wiharjo, Fajriansyah  pun sempat menuliskan surat kepada Presiden Joko Widodo yang intinya meminta bantuan kepada pemerintah untuk memberikan perhatian kesehatan kepada istrinya.

Baca juga: 100 Menit Habis-habisan Lawan Du Yue/Li Yinhui, Kaki Greysia Polii Alami Hal Ini Seusai Laga

Surat yang ditujukan ke Presiden Joko Widodo itu langsung direspon oleh Asisten Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Komunikasi dan diarahkan ke Kemenpora.

Seusai mendapat kabar tersebut, Kemenpora kemudian menyurati Sekjen Kemenkes dan Direktur Utama Rumah Sakit Kanker Dharmais dan berharap bisa membantu perawatan Verawaty Wiharjo yang telah banyak mengharumkan Indonesia.

Legenda Bulutangkis Indonesia, Verawaty Wiharjo kanker paru
Legenda Bulutangkis Indonesia, Verawaty Wiharjo yang mengalami sakit kanker Paru-Paru telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Kanker Dharmais.

“Sebagai tindak lanjutnya, pada tangga; 26 Juli 2021, kami telah mengirimkan surat Nomor RO.02.02/7.26.5/SET/VII/2021 kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan perihal permohonan fasilitas Rumah Sakit untuk legenda atlet bulutangkis Verawaty Wiharjo dan Alhamdulillah Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan langsung cepat merespon surat kami tersebut untuk saling berkomunikasi,” tulis surat Kemenpora.

“Sehubungan dengan itu dan juga mengingat kontribusi dan prestasi Verawaty Wiharjo yang sebelum ini telah banyak sekali dipersembahkan untuk nama harum Indonesia di berbagai event bulutangkis internasional, maka kami menyampaikan permohonan kepada Direktur Utama Rumah Sakit Kanker Dharmais sekiranya berkenan membantu mempertimbangkan untuk penanganan perawatan di Rumah Sakit Kanker Dharmais,” lanjutnya.

Baca juga: Perjuangan Windy Cantika Harumkan Nama Indonesia, Sempat Positif Covid, Dulu Latihan Barbel Semen

Legenda Bulutangkis Indonesia, Verawaty Wiharjo semasa aktif sebagai atlet.
Legenda Bulutangkis Indonesia, Verawaty Wiharjo semasa aktif sebagai atlet. (dok.pribadi)

Kini, sang legenda yang tengah terbaring lemah pun sudah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Hal itu disampaikan Fajriansyah kepada Sesmenpora melalui pesan singkat.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pak Gatot. Syukur Alhamdulillah semua rencana bapak untuk membantu pengobatan Bu Vera berjalan dengan sukses. Itu semua karena ketulusan Bapak. Insya Allah kami berdua berdoa kepada Allah SWT untuk dibalaskan dengan kebahagiaan dunia akhirat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin,” tulis Fajriansyah.

Fajriansyah pun membagikan foto dirinya bersama dengan Verawaty yang tengah dirawat kepada Sesmenpora.

Sementara itu, Sesmenpora mengatakan perhatian ini diberikan pemerintah lantaran melihat jasa-jasanya yang telah mengharumkan nama Indonesia sehingga langsung direspon oleh Presiden melalui Kantor Jubir Presiden.

“Iya sudah direspon oleh Pak Presiden melalui Kantor Jubir Presiden kemudian kami segera tindak lanjuti. Kami juga sangat dibantu oleh Pak Sekjen Kemenkes dan Pak Dirut Dharmais,” kata Gatot kepada Tribunnews, Jumat  (30/7/2021).

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas