Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Perpres DBON Sudah Ditandatangani Presiden, Menpora: Ini Sejarah

Presiden Joko Widodo telah memberikan restu hadirnya DBON dengan ditandatanganinya Perpres DBON sebagai payung hukum pada hari ini.

Perpres DBON Sudah Ditandatangani Presiden, Menpora: Ini Sejarah
Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Zainudin Amali saat foto bersama jajarannya usai memperingati Hari Olahraga Nasional ke-38 di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 dilangsungkan secara hybrid di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2021).

Peringatan Haornas kali ini mengusung tema Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menuju Indonesia maju.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan hadirnya DBON yang telah disusun selama satu tahun terakhir bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia dengan sistem pembinaan yang struktur, jangka panjang dan berkesinambungan.

Baca juga: Ngeri, Laga Ujicoba Persiraja Vs AHHA PS Pati Diwarnai Baku Pukul dan Tendangan ke Wajah

“Kita sadar bahwa tidak ada prestasi yang dihasilkan secara instan. Untuk hasil prestasi olahraga dibutuhkan pembinaan jangka panjang, terencana, terstruktur dan berkesinambungan. Tentu dengan dukungan elemen-elemen penunjang lainnya,” kata Menpora dalam kata sambutannya.

“Selain itu kita harus menempatkan olahraga sebagai bagian terpenting untuk bentuk sumber daya manusia yang tangguh, berkarakter dan punya kemampuan untuk bersaing. Kita harus mengubah paradigma yang selama ini menempatkan pembinaan olahraga hanya biaya semata atau cost saja, tapi seharusnya pembiayaan untuk pembangunan satu prestasi olahraga itu harus ditempatkan sebagai investasi,” jelasnya.

Baca juga: Aksi Tendangan Ala Kungfu Mendunia, PSSI Minta AHHA PS Pati Hukum Zulham Zamrun-Syaiful Indra Cahya

Dalam kesempatan tersebut, Menpora Amali juga membeberkan bahwa Presiden Joko Widodo telah memberikan restu hadirnya DBON dengan ditandatanganinya Perpres DBON sebagai payung hukum pada hari ini.

Dengan ditandatanganinya DBON, kini Kemenpora, Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah serta stakeholder lainnya sudah bisa mengimplementasikan unsur-unsur DBON di dalamnya yang tentunya diawali dengan kegiatan sosialisasi.

“Pada kesempatan Hari Olahraga Nasional ke 38 ini, sejarah baru telah kita ukir, pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden sebagai payung hukum untuk melaksanakan DBON ini, tepatnya Bapak Presiden Joko Widodo pada hari ini tanggal 9 September telah menandatangani Perpres nomor 86 tahun 2021 tentang DBON. Ini juga sebagai tanda hari ini lahir harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia,” jelas Menpora.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas