Tribun Sport

Indonesia Masters 2021

Insiden 'Challenge' yang Rugikan Kevin/Marcus, Dari BWF hingga Hawk Eye Minta Maaf

BWF Hingga Hawk-Eye Innovations Minta Maaf Atas Kesalahan saat Laga Marcus/Kevin Lawan Wakil Malaysia

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Insiden 'Challenge' yang Rugikan Kevin/Marcus, Dari BWF hingga Hawk Eye Minta Maaf
istimewa
Hasil amatan teknologi Hawk-Eye yang jadi kontroversi pada laga Marcus/Kevin di Semifinal Indonesia Masters, Sabtu (20/11/2021) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Network, Ramadhan L Q

TRIBUNNEWS, NUSA DUA - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) hingga partner teknologi Hawk Eye Innovations meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan pada babak semifinal ganda putra Indonesia Masters 2021, Sabtu (20/11/2021).

Kala itu, Hawk-Eye melakukan kekeliruan saat pertandingan antara ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dari Malaysia.

Hal tersebut terjadi tepatnya jelang game pertama berakhir saat kedudukan 18-20 bagi keunggulan Yew Sin/Ee Yi.

Baca juga: Jadwal Wakil Indonesia di Perempatfinal Indonesia Masters Hari Ini, Melejitnya 3 Ganda Putra Pelapis

Pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon atau The Minions saat melawan pasangan pebulu tangkis Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge pada babak pertama Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020). The Minions akhirnya melaju ke babak kedua Indonesia Masters 2020 usai secara dramatis mengalahkan lawannya dalam tiga gim dengan skor 21-12, 19-21, dan 26-24. Tribunnews/Jeprima
Pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon atau The Minions saat melawan pasangan pebulu tangkis Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge pada babak pertama Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020). The Minions akhirnya melaju ke babak kedua Indonesia Masters 2020 usai secara dramatis mengalahkan lawannya dalam tiga gim dengan skor 21-12, 19-21, dan 26-24. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Kala itu, Yew Sin/Ee Yi berkesempatan melakukan servis, lalu shuttlecook dinyatakan out oleh hakim garis.

Namun, Yew Sin/Ee Yi meminta challenge dan setelah menunggu beberapa saat, hasil hawk eye yang tertera justru "in" atau masuk.

Marcus/Kevin jelas dirugikan atas hasil amatan teknologi Hawk Eye yang diklaim akurat tersebut.

Sontak baik Marcus/Kevin maupun Yew Sin/Ee Yi hanya bisa tertawa dengan hasil tersebut.

Pada tayangan ulang yang terlihat, shuttlecock jelas-jelas keluar.

Pada akhirnya, Marcus/Kevin menang 18-21, 21-17, 21-11.

Baca juga: Rekap Hasil Semifinal Indonesia Masters 2021: Marcus/Kevin Jumpa Hoki/Kobayashi di Final

Atas hal tersebut, BWF, Infront Pan-Asia, dan Hawk-Eye Innovations meminta maaf atas kesalahan itu.

"Hawk-Eye mengakui bahwa keputusan yang diambil tidak tepat, dan mohon maaf atas hal ini, terutama kepada saudara Gideon, saudara Sukamuljo, saudara Ong dan saudara Teo, serta BWF, atas hasil tersebut sehingga terkena dampak kesalahan pada pertandingan," tulis Hawk-Eye dikutip dari lama BWF, Minggu (21/11/2021).

BWF, Infront Pan-Asia dan Hawk-Eye Innovations menyesali kejadian kemarin dan terus bekerja sama untuk memastikan keakuratan Hawk-Eye pada semua pertandingan.

"Kepercayaan pada proses peresmian sangat penting, dan sesuatu yang kami lakukan sangat serius untuk semua teknologi Hawk-Eye. Kami bangga dengan hubungan jangka panjang kami dengan BWF dan sepenuhnya memahami pentingnya kepercayaan dan integritas dalam teknologi yang digunakan untuk peresmian," tambahnya. (M31)

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas