Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Menpora Amali Bersyukur Sanksi WADA Selesai Hanya 3,5 Bulan: Ini Luar Biasa

Indonesia sudah terbebas dari sanksi WADA salah satunya bendera merah putih diperbolehkan kembali berkibar di ajang internasional.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Menpora Amali Bersyukur Sanksi WADA Selesai Hanya 3,5 Bulan: Ini Luar Biasa
Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Zainudin Amali saat menjelaskan pencabutan sanksi WADA kepada LADI di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (4/2/2022). 

Menpora Amali Bersyukur Sanksi WADA Selesai Hanya 3,5 Bulan: Ini Luar Biasa

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku bersyukur hukuman dari banda anti-doping dunia (WADA) kepada LADI yang dijatuhkan selama satu tahun bisa selesai hanya dalam kurung waktu 3,5 bulan.

Dengan begitu, Indonesia sudah terbebas dari sanksi WADA yang berimplikasi satu di antaranya bendera merah putih diperbolehkan kembali berkibar di ajang internasional.

Baca juga: Misi Gusur Malaysia di Ranking FIFA, Timnas Indonesia Bersiap Hadapi Lawan Berat

Ketua Satgas Percepatan Pencabutan Sanksi WADA, Raja Sapta Oktohari saat mengumumkan pencabutan sanksi WADA kepada LADI atau Indonesia di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (4/2/2022).
Ketua Satgas Percepatan Pencabutan Sanksi WADA, Raja Sapta Oktohari saat mengumumkan pencabutan sanksi WADA kepada LADI atau Indonesia di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (4/2/2022). (Tribunnews/Abdul Majid)

Baca juga: Sinar Pratama Arhan Menembus Italia, Sosok Ini Minta Lazio Datangkan Bek Kiri Timnas Indonesia

Alhamdulillah kita sudah boleh mengibarkan bendera merah putih, boleh menjadi tuan rumah dan menjadi pengurus di lembaga-lembaga internasional,” kata Menpora Amali di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (4/2/2022).

“Ini luar biasa sanksi yang tadinya 1 thn bisa diselesaikan kurang dari 3,5 bulan. Jadi ini luar biasa. Alhamdulillah itu kerja bareng kita semua,” sambungnya.

Meski WADA sudah mencabut sanksi, Menpora mengatakan WADA masih akan memantau kinerja Indonesia Anti-Doping Organization (IADO) selama tiga bulan ke depan.

Baca juga: Sisi Negatif Skuad Timnas U-23 Indonesia di Piala AFF U-23, Materi Pemain Ketuaan, Itu-itu Saja

BERITA TERKAIT

Ia berharap IADO yang diketuai oleh dr Mustofa Fauzi bisa bekerja lebih profesional sehingga WADA tak menjatuhkan sanksi lagi.

“Tentu kita bersyukur hari ini pemerintah resmi mengumumkan bahwa kita sudah terbebas dari sanksi WADA. Namun ada catatan kita tetap akan dipantau selama 3 bulan kalo kita kembali tidak patuh maka akan sanksi lagi,” kata Menpora.

Baca juga: Kenapa Shin Tae-yong Tak Panggil David Maulana dan Brylian Aldama ke Timnas U-23 Indonesia?

“Tapi saya yakin menjadi pelajaran yang luar biasa bagi kita bahwa sudah mengalami ini dan ini menyakitkan. Kita sedih kita kecewa terutama saat kita berprestasi tapi bendera merah putih tdk bisa dikibarkan,”

“Sekarang kita tentu sudah terbebas saya ingin menyampaikan terima kasih pada Pak Presiden, Pak Wapres, Menteri-menteri kabinet Indonesia maju, ketua satgas Pak Okto,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas