Tribun Sport

Nirmala Dewi Berterimakasih Kepada Pelita Jaya Dan Satria Muda Yang Mau Lepas Pemainnya

Nirmala Dewi mengucapkan terima kasih atas sikap nasionalisme yang ditunjukkan Pelita Jaya dan Satria Muda.

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Nirmala Dewi Berterimakasih Kepada Pelita Jaya Dan Satria Muda Yang Mau Lepas Pemainnya
dok pribadi
Augie Bunyamin, Nirmala Dewi dan Hasani Abdulgani. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi mengucapkan terima kasih atas sikap nasionalisme yang ditunjukkan Pelita Jaya dan Satria Muda.

Ini setelah kedua klub tersebut melepas pemainnya ke Indonesia Patriots yang sedang dipersiapkan hadapi SEA Games 2022 Hanoi, Vietnam, 13-22 Mei nanti dan FIBA Asia Cup 2022 Juli mendatang.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada klub Pelita Jaya dan Satria Muda juga kepada IBL yang memandang perpindahan pemain ini sebagai kepentingan yang lebih tinggi lagi yaitu untuk Merah Putih," ungkap Nirmala Dewi.

Manajer Indonesia Patriots, Jamin Mattotoran memiliki keyakinan bahwa timnas Indonesia akan semakin kuat di masa depan. Menyusul masuknya tiga pemain baru.

Mereka adalah Hendrick Xavi Yonga dan Yesaya Alesandro Saudale dari Pelita Jaya Bakrie serta Kelvin Sanjaya dari Satria Muda Pertamina.

Gabungnya mereka ke tim akan diuji coba di IBL Tokopedia 2022. Ini karena memang IBL menjadi ajang pemanasan Indonesia Patriots sebelum terjun di SEA Games dan FIBA Asia Cup 2022.

"Mereka ini pemain pengalaman tentu akan semakin memperkuat kerangka timnas untuk masa depan basket Indonesia. Di saat yang sama, Indonesia Patriots harus memulangkan 3 pemain juga. Namun harapan kami tim ini terus bertumbuh siapapun yang masuk dan keluar," tutur Jamin Mattotoran.

Dikatakan Jamin Mattotoran, tiga pemain yang bakal dihantikan mereka adalah M. Nabizar, Esha Ezra Lapia, dan A.A Bagus.

PP Perbasi sudah bersurat ke IBL terkait kebutuhan federasi dalam menyiapkan timnas yang kuat. Selaku Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah menyambut baik langkah PP Perbasi demi mendukung kepentingan lebih besar, Timnas Indonesia.

"Kami merespon permintaan PP Perbasi dengan positif sebagai dukungan kepada tim nasional Indonesia. IBL memang memiliki peraturan tak boleh ada penambahan roster, namun ada pengecualian bagi Indonesia Patriots karena keikutsertaan mereka adalah bagian dari pembentukan tim nasional dan Patriots tidak akan melanjutkan kompetisi ke babak play off,” jelas Junas.

“PP Perbasi dan tim nasional juga sudah melakukan koordinasi dengan klub asal pemain masing-masing. Jika tim asal mereka masuk ke babak play off, pemain-pemain  tersebut dapat kembali memperkuat tim asal mereka,” tambah Junas.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas