Tribun Sport

Presiden IOC Beri Respon Positif Soal Bidding Olimpiade 2036 Kata Raja Sapta Oktohari

Raja Sapta Oktohari mengatakan Presiden IOC, Thomas Bach memberikan respon positif terkait pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Presiden IOC Beri Respon Positif Soal Bidding Olimpiade 2036 Kata Raja Sapta Oktohari
Instagram @noc.indonesia Verified
Raja Sapta Oktohari 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Raja Sapta Oktohari mengatakan Presiden IOC, Thomas Bach memberikan respon positif terkait pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo dalam pertemuan G20 telah menyatakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah di Ibu Kota Nusantara.

"Kita bersyukur kemarin di G20 Presiden Thomas Bach sempat menyampaikan ke petinggi G20 dan pada saat penutupan Presiden Jokowi menyampaikan secara langsung kepada Thomas Bach bahwa Indonesia siap dan akan ikut bidding untuk olimpiade 2036 di IKN. Hal ini dapat respons positif. Bahkan Presiden Bach langsung mengundang tim yang akan dibentuk di indonesia untuk diberikan asistensi di kantor headquarter IOC," beber Okto di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Setelah mendapatkan respon postif Okto mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan semua stakeholder terutama IOC member kita Erick Thohir dan Menpora Zainudin Amali dan semua stakeholder lain untuk mempersiapkan tim ini karena Thomas Bach menyampaikan proses bidding-nya berbeda bukan beauty contest.

Proses pendampingan yang tidak memerlukan campur tangan pihak ketiga yang memerlukan, tapi IOC akan menyiapkan expert-expert secara gratis ke Indonesia.

"Memang mekanismenya sekarang berbeda. Kalau dulu itu kan beauty contest. Orang sudah terbiasa dengan ada beberapa kontestan terbaik itu dipilih, yang lainnya kalah," kata Okto.

"Nah kalau sekarang itu fasenya itu continues by lock, artinya 2032 ditetapkan Brisbane sebagai tuan rumah, saat olimpiade tokyo saya menanyakan langsung ke Thomas Bach. Saya bilang, sekarang ini posisi indonesia ada di mana, dia bilang posisi indonesia masih tetap ada di tempat yang sama pada saat fase bidding kemarin dan kita tinggal meneruskan cuma karena lokasi dipindah, tadinya di Jakarta sekarang di IKN ini akan jauh mempermudah karena fasilitasnya yang dibangun baru dan sesuai,"

"Kami janjikan minta asistensi langsung dari IOC dan nanti kita akan memiliki fasilitas olimpiade terbaik di dunia yang pernah ada," terang Okto.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas