Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Timnas Elit Putra Mendapatkan Progres Positif Dari Tur Australia, Pemain Naturalisasi Sudah Klop

Asisten Pelatih Timnas Elit Putra, Johannis Winar menilai, pemain naturalisasi yang diboyong ke Negeri Kanguru sudah klop dengan permainan tim.

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Timnas Elit Putra Mendapatkan Progres Positif Dari Tur Australia, Pemain Naturalisasi Sudah Klop
Indonesiabasketball
Timnas Elit Putra mendapatkan progres positif dari tur Australia, pemain naturalisasi sudah klop 

TRIBUNNEWS.COM, SYDNEY - Timnas Elit Putra mendapatkan progres positif dari tur Australia. Asisten Pelatih Timnas Elit Putra, Johannis Winar menilai, pemain naturalisasi yang diboyong ke Negeri Kanguru sudah klop dengan permainan tim.

Ya, adaptasi Anthony Beane Jr dan Lester Prosper berjalan mulus. Mereka sudah tidak ada masalah berjuang bersama-sama di lapangan setelah jalani beberapa kali uji coba di Australia.

“Secara keseluruhan, tim bermain cukup bagus. Penyesuaian Beane dan Lester terhadap sistem bermain so far so good. Perpaduan dengan pemain lokal juga bagus,” ungkap Asisten Pelatih Timnas Elit Putra, Johannis Winar.

Menyatunya dua pilar Timnas Elit Putra itu tentu kabar baik untuk Indonesia. Lester gabung timnas saat berada di Australia, tepatnya pada 8 April sedangkan Beane menyusul sepekan kemudian. Bagusnya Beane sebelumnya sudah ikut latihan di Jakarta sebelum Timnas bertolak ke Australia 4 April lalu.

Kolaborasi mereka bersama pemain Timnas lainnya dipercaya bisa menebalkan asa mempertahankan medali emas yang diraih di SEA Games Hanoi.

Dengan kelincahan dan akurasi yang dimiliki, Beane diharapkan bisa menghidupkan mesin poin di SEA Games 2023 Kamboja nanti. Demikian juga dengan Lester.

Bigman bertinggi 2,09 meter itu diharapkan bisa menjadi tembok bagi pemain lawan. Kepiawaian Lester dalam eksekusi tembakan juga diharapkan bisa menambah kesuburan perolehan poin timnas.

BERITA TERKAIT

Diakui Coach Johannis Winar, meski adaptasi semua pemain bagus bukan berarti pekerjaan rumah (PR) sudah beres. Sebaliknya, PR coaching staff masih menumpuk menyusul belum bagusnya kerja sama saat defense dan offense.

Dua kekurangan itu masih terlihat saat Timnas Elit Putra melakoni uji coba terakhir melawan Sutherland Sharks di Sutherland Basketball Stadium minggu sore (23/4/2023). Dalam partai penutup rangkaian uji coba di Australia itu, Andara Prastawa dkk menyerah 93-89.

“Pada game hari ini (melawan Sutherland Sharks), dari segi defense yang masih mendapat perhatian adalah komunikasi dan penjagaan 1 on 1. Kalo dari segi offense kadang kita masih terburu-buru dalam penyelesaian akhir,” ucap Coach Ahang, sapaan karib Johannis Winar.

Lanjut Coach Ahang, Timnas akan kembali ke Jakarta Senin (24/4/2023) usai menyelesaikan sembilan uji coba dengan catatan empat kali menang dan lima kali tumbang.

Selanjutnya latihan akan digelar di GBK Arena sampai waktu pemberangkatan ke Kamboja untuk hadapi SEA Games 2023 Kamboja, 5-17 Mei mendatang.

Hasil Uji Coba Timnas di Australia 

5/4/2023 v South West Metro Pirates 70-88

6/4/2023 v Logan Thunder QSL Team 84-77

10/4/2023 v Red City Roar 69-62

11/4/2023 v Logan Thunder 90-104

16/4/2023 v Southern Districs Spartans 113-98

18/4/2023 v Waverley Falcons 88-92

19/4/2023 v Ballarat Miners 71-77

21/4/2023 v Illawara Hawks 89-81

23/4/2023 v Sutherland Sharks 93-89

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas