Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Lepas Timnas Basket U-18 ke SEABA Qualifier, Menpora Berharap Basket Indonesia Berjaya di ASEAN

Jika lolos pada ajang tersebut, Timnas Basket U-18 akan kembali menjalani pemusatan latihan dan dipersiapkan tampil pada FIBA U-18 Asia Cup 2024

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Lepas Timnas Basket U-18 ke SEABA Qualifier, Menpora Berharap Basket Indonesia Berjaya di ASEAN
Tribunnews/Abdul Majid
Skuad Timnas basket U-18 Indonesia saat bertemu Menpora Dito Ariotedjo di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2024). 

Lepas Timnas Basket U-18 ke SEABA Qualifier, Menpora Berharap Basket Indonesia Berjaya di ASEAN

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo melepas Timnas Basket U-18 yang bersiap tampil pada FIBA U-18 Cup SEABA Qualifiers 2024 di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Timnas basket U-18 putra tampil di SEA U-18 yang berlangsung di Malaysia pada 19-21 Juli 2024.

Jika lolos pada ajang tersebut, Timnas Basket U-18 akan kembali menjalani pemusatan latihan dan dipersiapkan tampil pada FIBA U-18 Asia Cup 2024 pada 2-9 September 2024.

“Jadi hari ini kita melepas Timnas  U18 basket untuk ke Malaysia bertanding di SEABA. Saya melihat performa para atlet dalam kondisi baik, saya berharap para atlet bisa juara di ajang SEABA U18 di Malaysia nanti. Semoga di Malaysia nanti para atlet muda ini bisa menambah jam terbang dan pengalaman, sekaligus mengukir prestasi terbaik,” kata Menpora Dito.

Menpora Dito berharap cabang olahraga basket bisa terus menciptakan pemain-pemain berkualitas.

BERITA TERKAIT

Hingga akhirnya, basket Indonesia bisa terus berprestasi di kancah Asia Tenggara dan setelah itu giliran menyasar prestasi di Asia.

“Tadi saya sampaikan Perbasi, cabang olahraga basket ini jadi salah satu cabang olahraga yang sangat aktif bagaimana melakukan scouting dan juga pembinaan usia muda,” kata Menpora.

“Kita berharap basket Indonesia ini pertama bisa kembali untuk bisa mempertahankan juara di SEA Games, di tingkat Asia Tenggara kita harus bisa memimpin dan selanjutnya targetnya bagaimana Indonesia bisa mendominasi di level Asia,” harap Menpora.

Sementara itu, pelatih Timnas basket U-18, Andrie Ekayana Satya Santosa mengatakan bahwa anak asuhannya sudah dalam keadaan siap tanding.

Hanya saja ada satu pemain yang kini tengah menjalani pemulihan, yakni Krishna Jaya.

“Tim dalam kondisi yang siap tempur, memang ada satu kendala, bukan kendala sih sebenarnya itu proses yang harus kita lewati. Satu pemain kita ada yang kemarin itu cedera, sekarang dalam proses penyembuhan, tapi itu tidak mengurangi semangat kita lah buat bertanding nanti di SEABA tanggal 19,” kata Andrie.

“Ada Krisna Jaya dari Bali (yang cedera) shooter kita. Sekarang dalam proses penyembuhan, tim medis juga bekerja keras buat dia bisa tampil lagi di tanggal 19,” pungkasnya.

Pada ajang FIBA U-18 Cup SEABA Qualifiers 2024, Indonesia akan menghadapi Malaysia, Filipina dan Thailand.

Berikut jadwal tanding Timnas basket U-18 Indonesia:

Indonesia vs Thailand, Jumat (19/7/2024) pukul 17.00 WIB

Indonesia vs Malaysia, Sabtu (20/7/2024) pukul 18.30 WIB

Indonesia vs Malaysia, Minggu (21/7/2024) pukul 18.30 WIB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas