Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Grand Triumph Jadi Ajang Internasional Barebow, Siap-siap Didatangi Atlet Panahan Dunia

archery indoor telah memiliki regulasi baku dari Federasi Panahan Dunia (World Archery) dan menjadi ajang bergengsi untuk panahan dunia.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Grand Triumph Jadi Ajang Internasional Barebow, Siap-siap Didatangi Atlet Panahan Dunia
ist
Atlet-atlet barebow archery, divisi panahan yang mulai populer saat ini dengan ciri khasnya busur bergaya recurve tanpa dilengkapi Stabilizer, sight, scope, maupun clicker. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Grand Triumph 2024, turnamen internasional panahan dalam ruangan terbesar di Indonesia, bakal menjadi pentas untuk mengangkat Divisi Barebow di dunia internasional.

Sebagai tuan rumah dengan komunitas Barebow terbesar di dunia, atlet-atlet Barebow Tanah Air diharapkan dapat meramaikan turnamen tersebut demi mengangkat Barebow naik ke kancah internasional, di samping Divisi Compound dan Recurve saat ini.

Baca juga: Kemenpora Sambut Kepulangan Atlet Atletik dan Panahan Indonesia Usai Berjuang di Olimpiade Paris

Chairman of the Organizing Committee Grand Triumph 2024 Satrio Wibowo mengungkapkan, masyarakat Indonesia memang belum terbiasa dengan turnamen archery indoor.




Padahal, di level dunia, archery indoor telah memiliki regulasi baku dari Federasi Panahan Dunia (World Archery) dan menjadi ajang bergengsi untuk panahan dunia.

“Kiblat dari penyelenggaraan Grand Triumph 2024 ini adalah turnamen panahan indoor terkenal seperti Vegas Shoot dan Lancaster. Kami ingin menghadirkan atmosfir internasional sekaligus mengajak para atlet panahan indoor dunia datang ke Indonesia,” ujar Satrio dalam keterangan, Jumat (16/8/2024).

Baca juga: Jadwal Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024 Hari Ini: Kans Medali Pertama Indonesia dari Panahan

Menurutnya, dengan bobot internasional tersebut, Divisi Barebow memiliki kesempatan yang baik untuk menegaskan eksistensinya sebagai salah satu cabang panahan yang sudah merakyat dan mendunia.

Karena itu, pihaknya terus mengupayakan untuk mengundang Komunitas Barebow dari berbagai negara, seperti Swedia, Canada, USA, dan Asia untuk berpartisipasi dalam turnamen ini.

BERITA TERKAIT

“Kami juga berharap komunitas Barebow dalam negeri bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bersanding dengan pepanah Barebow terbaik dunia, termasuk para idola panahan mereka. Dengan demikian, Barebow semakin di kenal di kancah internasional,” tegas dia.

Seperti diketahui, Grand Triump 2024 akan berlangsung di Jogja Expo Center, pada 19 – 20 Oktober 2024.

Kategori yang dipertandingkan adalah Recurve Open 18 m, Compound Open 18 m, Barebow open 25 m, Recurve/Standar Nasional U-15 15 m, Recurve/Standar Nasional U-12 12 m, dan Barebow U12 10 m.

Dengan mengusung konsep sportourism, Grand Triumph 2024 menargetkan lebih dari 900 atlet panahan ikut serta dalam turnamen ini. Saat ini, sekitar 30 – 40 persen dari kuota yang tersedia sudah terjual, di antaranya dari Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid menegaskan, panahan Indonesia membutuhkan sentuhan industri untuk dapat memperkenalkan cabang olahraga ini lebih luas dan naik kelas. Di samping itu, penting bagi Indonesia untuk menyelenggarakan turnamen kelas dunia tersebut demi menegaskan kontribusi dan peran Indonesia di level panahan dunia.

Baca juga: Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024 Rabu Sore, Panahan Berpeluang Sumbang Medali Pertama Indonesia

Terkait Grand Triumph tersebut, Arsjad juga sebelumnya telah menyampaikan kepada President World Archery Ugur Erdener, bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah turnamen panahan internasional.

Pembicaraan tersebut dilakukan di sela-sela pentas Olimpiade Paris 2024, dengan kesepakatan yang sangat positif. “Setelah Grand Triumph, Indonesia akan menjadi tuan rumah dari rangkaian pertandingan panahan internasional di bawah World Archery,” kata Arsjad.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas