Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Harapan Menpora Dito Terhadap Program Collab Rangers di Bumi Perkemahan Cibubur

Menpora Dito menghadiri forum kolaborasi pemuda untuk pengurangan risiko bencana di Bumi Perkemahan Cibubur

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Harapan Menpora Dito Terhadap Program Collab Rangers di Bumi Perkemahan Cibubur
dok: Kemenpora
Menpora Dito  saat menghadiri forum kolaborasi pemuda untuk pengurangan risiko bencana di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Jumat (4/10/2024). 

Harapan Menpora Dito Terhadap Program Collab Rangers di Bumi Perkemahan Cibubur

Abdul Majid/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap program collab rangers bisa menjadi momentum untuk membangun generasi muda tangguh dan berdaya saing yang siap menyambut Indonesia Emas 2045. 

Demikian disampaikan Menpora Dito dalam sambutannya saat menghadiri forum kolaborasi pemuda untuk pengurangan risiko bencana di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Jumat (4/10/2024).

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai tonggak awal perubahan besar. Dengan semangat kolaborasi, kita akan membangun generasi pemuda yang tangguh, maju, dan berdaya saing, yang siap membawa Indonesia menuju Indonesia Emas,” kata Menpora Dito.

Forum yang digelar pada 2-5 Oktober ini membahas berbagai isu di antaranya adalah membangun ketahanan ekonomi masyarakat dalam konteks pengurangan risiko bencana.

Kemudian meningkatkan popularitas isu pengurangan risiko bencana. 

BERITA REKOMENDASI

Lalu pertemuan tersebut juga berdiskusi mengenai edukasi pengurangan risiko bencana di wilayah 3T.

Terakhir yaitu membahas perancangan panduan peran, partisipasi, dan perlindungan pemuda dalam penanganan bencana Indonesia. 

“Inilah saatnya bagi kita untuk mengambil peran utama dalam membangun masyarakat tangguh bencana. Forum ini memberikan ruang bagi kita untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, saling belajar, dan menguatkan satu sama lain,” terangnya.

Lebih lanjut, Menpora Dito bilang kegiatan ini juga sekaligus meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) pada sektor kepemimpinan dan partisipasi.

Tak hanya itu, Menpora Dito yakin collab rangers menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko bencana dengan berbagai pelatihan yang dilakukan. 

“Forum ini juga menjadi implementasi nyata dari Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor untuk Pelayanan Kepemudaan. Kita sudah berada di jalur yang tepat, dan saya yakin sinergi ini akan membawa perubahan yang signifikan,” pungkasnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas