Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Hinca: Indonesia Tinggal Menunggu Sanksi FIFA

Komisi Disiplin PSSI, Hinca Pandjaitan menyatakan Indonesia tinggal menghitung detik menunggu peringatan FIFA. Hal itu disebabkan

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Hinca: Indonesia Tinggal Menunggu Sanksi FIFA
istimewa
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Disiplin PSSI, Hinca Pandjaitan menyatakan Indonesia tinggal menghitung detik menunggu peringatan FIFA. Hal itu disebabkan adanya intervensi dari pemerintah.

Menurut Hinca, intervensi dilakukan pemerintah karena mencampuri porses pemilihan pengurus PSSI. Selain itu intervensi juga dapat dilakukan melalui politisi dan media.

"Itu ada di pasal 13 dan 17 FIFA baik disengaja atau tidak oleh PSSI, atau mampu atau tidak mampu menolak itu. No way. Ini hasil kongres FIFA," kata Hinca dalam Diskusi Hukum Tentang Lex sportiva Kedaulatan negara versus kedaulatan FIFA di Restoran Sindang Reret, Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Hinca mencontohkan negara yang terkena sanksi FIFA salah satunya adalah Irak yang pada saat itu berstatus juara Piala Asia di Indonesia. "Belum sampai di negaranya, PSSI-nya Irak sudah dikenai sanksi. Karena waktu itu campur tangan Sadam Husein," katanya.

Dirinya lalu mengaitkan dengan permasalahan yang dihadapi PSSI ketika Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng memaksa komite banding untuk mengubah keputusan dengan mengubahnya dengan UU Olahraga. "Itu masuk kategori campur tangan," imbuhnya.

"FIFA tidak perduli dengan UU Olahraga, banyak yang tidak suka tapi harus saya katakan, karena ini temuan saya," tambahnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Persebaya
7
5
2
0
7
2
5
17
2
Borneo
7
4
3
0
10
3
7
15
3
Bali United
7
4
2
1
12
6
6
14
4
Persib
7
3
4
0
13
7
6
13
5
PSM Makasar
7
3
3
1
9
4
5
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas