Superball
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

FIFA Prihatin Kondisi Sepakbola Indonesia

Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) menyatakan keprihatinannya yang mendalam atas situasi yang dialami PSSI saat ini.

FIFA Prihatin Kondisi Sepakbola Indonesia
net
Dali Tahir
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) menyatakan keprihatinannya yang mendalam atas situasi yang dialami PSSI saat ini. Terkait dengan itu, FIFA meminta semua pihak menahan diri dan sama-sama mengembangkan suasana kondusif.

"FIFA tidak menyukai kondisi yang  terjadi di Indonesia sekarang ini, mereka mengkhawatirkan perkembangannya akan sangat tidak menguntungkan buat kita," ungkap Suryadharma 'Dali' Tahir, anggota Komite Etik FIFA dari Indonesia, Minggu (27/2/2011).

Dali Tahir yang masih berada di Zurich, Swiss ini menyatakan, FIFA tengah memantau dengan serius kondisi yang terjadi di Indonesia. Pernyataan Menpora Andi Alfian Malarangeng yang mengecam keputusan verifikasi calon-calon Exco melalui Komite Pemilihan, serta mengintimidasi Komiite Banding dan mengancam membekukan PSSI, dinilai sebagai sebuah intervensi pemerintah terhadap kedaulatan sepakbola. FIFA, kata Dali Tahir, sangat menyayangkan pernyataan-pernyataan itu.

Menyikapi situasi yang terjadi di Indonesia, ujar Dali Tahir, FIFA sudah mengirim surat pada 24 Februari lalu yang atara lain memuat keprihatinan atas pernyataan-pernyataan keras pemerintah terhadap kebijakan organisasi PSSI.

"FIFA menginginkan semua pihak bisa berpikir jernih sehingga situasinya tidak malah bertambah rumit," jelas Dali Tahir.

Surat FIFA pada 24 Februari ditandatangani oleh Sekjen FIFA Jerome Valcje. Surat ini dikirim sebagai balasan dari surat yang dikirim PSSI pada 22 Februari, sebagai laporan atas adanya pernyataan keras Menegpora Andi Alfian Malarangeng yang disampaikan sehari sebelumnya, 21 Februari.

Dali Tahir menegaskan, perkembangan situasi di Indonesia termasuk yang akan dibahas pada Sidang Komite Asosiasi atau Associations Committee yang akan dilangsungkan di Zurich, Senin (1/3) mulai pukul 16.00 waktu setempat, atau 01.00 wib Selasa (2/3) dinihari. Sidang Komite Asosiasi yang dipimpin oleh Geoff Thompson (Inggris) ini agendanya adalah membahas berbagai kondisi atau permasalahan yang tengah dialami negara-negara anggota FIFA di seluruh dunia.

Walau hanya berlangsung sehari, namun sidang Komite Asosiasi ini dinilai vital karena hasilnya dapat direkomendasikan untuk dibawa ke pertemuan yang lebih tinggi dan merumuskan keputusan, yakni sidang Exco FIFA. Sidang Exco FIFA biasanya dipimpin langsung oleh Presiden FIFA Joseph S Blatttrer, dihadiri oleh sembilan wakil Presiden FIFA dan 15 anggota Exco FIFA, sebagian adalah representasi dari para ketua konfederasi. Karena membahas berbagai materi penting dan krusial, sidang Komite Asosiasi kerap juga disebut Komite Emergency.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas