Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Nurdin Halid Sudah Terguling Secara De Facto

Jabatan Nurdin Halid, mantan terpidana kasus korupsi, selaku Ketua Umum PSSI tampaknya tinggal menunggu hitungan hari

Penulis: Alie Usman
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Nurdin Halid Sudah Terguling Secara De Facto
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Sekjen PSSI Nugraha Besoes, Ketua PSSI Nurdin Halid, dan Anggota Komite Eksekutif PSSI Togar Manahan Nero (kiri ke kanan), memberikan keterangan pada wartawan terkait penundaan Kongres PSSI, di Kantor Badan Liga Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin (28/2/2011). Kongres yang sedianya digelar pada 26 Maret mendatang terpaksa ditunda karena tidak adanya calon ketua umum setelah Komite banding menggugurkan semua calon yang akan maju. 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alie Usman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perjalanan Nurdin Halid, mantan terpidana kasus korupsi selaku Ketua Umum PSSI tampaknya tinggal menunggu hitungan hari. Nurdin kini hanya memegang 17 pemilik suara yang masih mengaku setia, setelah sebagian besar pemilik suara PSSI lainnya memilih mencabut dukungannya untuk Nurdin.

Nurdin Halid yang bersikeras mempertahankan jabatannya tersebut nampaknya juga harus menelan pil pahit setelah hampir seluruh pemilik suara resmi PSSI membelot dan memilih membentuk Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia, yang bertujuan mengambil alih seluruh peran PSSI, termasuk menyelenggarakan kongres tanpa perlu melibatkan Nurdin Halid cs.

Bahkan, 83 pemilik suara PSSI yang terdiri dari 26 Pengprov PSSI dan 57 klub sepakbola pemilik suara resmi PSSI tersebut menyatakan mosi tidak percaya terhadap Ketua Umum PSSI, dan Komite Eksekutif PSSI. Tak hanya itu, rakyat PSSI tersebut menyatakan mencabut kembali mandat kepemimpinan yang mereka serahkan kepada Nurdin Halid cs selama ini.

"83 pemilik suara PSSI dengan ini menyatakan mosi tidak percaya kepada Ketua Umum PSSI dan Komite Eksekutif PSSI. Karena itu, kami membentuk Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia sebagai bentuk gerakan yang dilakukan oleh mayoritas pemilik suara PSSI untuk mengambil alih kewenangan PSSI," ujar Wakil Ketua komite, Syahrial Damopolii.

Secara de facto, kepemimpinan Nurdin Halid sebetulnya telah berakhir setelah mayoritas pemilik suara (83 dari 100 pemilik suara), menyatakan menarik mandatnya kemarin malam, (28/2/2011). Mereka hanya tinggal menyelenggarakan kongres luar biasa yang bisa dilakukan tanpa harus ada restu kubu Nurdin Halid.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Persebaya
7
5
2
0
7
2
5
17
2
Borneo
7
4
3
0
10
3
7
15
3
Bali United
7
4
2
1
12
6
6
14
4
Persib
7
3
4
0
13
7
6
13
5
PSM Makasar
7
3
3
1
9
4
5
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas