Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

PSSI akan Lobi FIFA Ubah Aturan Calon Ketua Umum?

PSSI akan mengirim dua perwakilannya ke FIFA untuk mempertanyakan dan meminta penjelasan soal pelaksanaan kongres PSSI

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in PSSI akan Lobi FIFA Ubah Aturan Calon Ketua Umum?
istimewa
Sekjen PSSI Nugraha Besoes 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil tegas Keputusan Komite Eksekutif FIFA yang menyatakan PSSI harus segera membentuk Komite Pemilihan Ketua Umum sebelum tanggal 26 Maret untuk kemudian berkongres sesuai standar dan aturan FIFA sebelum tanggal 30 April sepertinya belum dipahami jelas oleh PSSI.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengungkapkan, pihaknya bakal mengirim utusan ke FIFA untuk meminta penjelasan mengenai pelaksanaan kongres induk organisasi sepakbola nasional tersebut.

Hal itu diungkapkan Nugraha dalam keterangannya kepada wartawan di sekretariat KONI/KOI, Jakarta. Menurut Nurdin, dua wakil PSSI yang diutus ke markas FIFA di Zurich adalah Dali Tahir dan Sjarif Bastaman.

“Kami akan kirim utusan ke FIFA untuk meminta masukan mengenai tata cara yang akan digunakan dalam proses kongres itu, apakah harus sesuai dengan peraturan dan statuta FIFA atau tidak,” ujar Nugraha.

Apa yang akan dilakukan dua wakil PSSI tersebut terkait aturan FIFA tentang syarat dan aturan Calon Ketua Umum PSSI yang baru? Besoes mengatakan, dua wakil tersebut akan mempertanyakan bisakah PSSI menggunakan aturan lain mengingat mepetnya waktu yang diberikan FIFA.

“Waktu yang diberikan FIFA terlalu mepet. Yang ingin kami tanyakan adalah apakah bisa menerapkan peraturan lain. Karena itu, kami harus bertanya dulu ke FIFA apakah kami boleh menggunakan peraturan itu atau tidak.”

Komite eksekutif (Exco) FIFA telah memerintahkan PSSI agar menggelar rapat pada 26 Maret untuk membentuk komite pemilihan berdasar kepada kode pemilihan yang mengacu kepada standard electoral code FIFA. Selanjutnya, kongres mencari ketua umum baru dilakukan sebelum 30 April. (goal)

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Persebaya
7
5
2
0
7
2
5
17
2
Borneo
7
4
3
0
10
3
7
15
3
Bali United
7
4
2
1
12
6
6
14
4
Persib
7
3
4
0
13
7
6
13
5
PSM Makasar
7
3
3
1
9
4
5
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas