Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pendukung Nurdin Halid Mulai Recoki Rencana Kongres PSSI

Rencana Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) untuk segera menggelar kongres PSSI kini mulai direcoki pendukung Nurdin Halid.

Penulis: Alie Usman
Editor: Prawira
zoom-in Pendukung Nurdin Halid Mulai Recoki Rencana Kongres PSSI
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Sekjen PSSI Nugraha Besoes, Ketua PSSI Nurdin Halid, dan Anggota Komite Eksekutif PSSI Togar Manahan Nero (kiri ke kanan). 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alie Usman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) untuk segera menggelar kongres PSSI kini mulai direcoki pendukung Nurdin Halid.

Adalah Forum Pemilik Suara PSSI (FSPS), yang mengaku terdiri dari Pengprov PSSI Kepulauan Riau, Pengprov PSSI Sumatera Utara, Pengprov PSSI Maluku Utara, dan Pengprov PSSI Sulawesi Tenggara, yang kemudian menilai apa yang dilakukan oleh 87 pemilik suara sah PSSI untuk menggelar kongres tanpa melibatkan jajaran Nurdin Halid tersebut dianggap salah. Sikap penolakan juga disuarakan oleh pengurus ISP Purworejo, dan PSGL Gayo Lues, yang meski tidak memiliki suara di PSSI namun bergabung dengan forum tersebut.

"Kongres PSSI harus dilaksanakan oleh badan resmi PSSI sendiri, bukan oleh badan lain yang mengaku mendapatkan mandat dari pemilik suara PSSI. Kami menolak badan lain di luar PSSI untuk mengambil alih tugas resmi, seperti pelaksanaan kongres. Tidak sah, jika ada badan lain yang menggelar kongres selain PSSI,” ujar Indra M Adnan, Ketua Pengprov PSSI Riau yang menjadi juru bicara Forum, di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (7/3/2011).

Sikap FSPS tersebut langsung disikapi KPPN sebagai bagian dari upaya menjegal jalannya kongres PSSI yang digawangi KPPN sebagai presentasi mayoritas pemilik suara PSSI. Ketua KPPN, Syahrial Damopolii mengatakan, KPPN telah mendapatkan pengakuan dari FIFA per tanggal 1 Maret 2011 kemarin, dan mengamanatkan menggelar kongres PSSI tanpa harus berkoordinasi dengan jajaran Nurdin Halid.

"Kami tidak memaksakan diselenggarakannya kongres. Kami hanya melaksanakan amanat para pemilik suara. Kongres memang harus dilaksanakan karena peraturan (Statuta FIFA) harus ditegakkan. Jika ada yang meragukan kami, maka itu hak mereka. Namun saya menjamin bahwa 87 anggota kami adalah para ketua, sekretaris, dan para pemegang mandat keduanya, jadi kami sangat solid," ujar Syahrial.
 

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas