Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Sukardi: PSSI dan Parpol Sama-sama Sontoloyo!

PSSI dan partai politik (Parpol) dinilai sebagai lembaga yang sama-sama tidak memberikan kemaslahatan bagi rakyat dalam acara bedah buku dosa Nurdin.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
TRIBUNNEWS.COM, SOLO - PSSI dan partai politik (Parpol)  dinilai sebagai lembaga yang sama-sama tidak memberikan kemaslahatan bagi rakyat. Penilaian tersebut diungkapkan Sukardi Rinakit, analis politik dari Sugeng Sariadi Syndicate di acara bedah buku 'Dosa Dosa Nurdin Halid' di Solo, Jumat (18/3/2011).

Sukardi memakai kata sontoloyo -dinukil dari buku tersebut- bagi kedua lembaga itu untuk menjelaskan betapa keduanya tersebut memiliki kemiripan.

"Jika meminjam satu istilah yang ada di dalam buku ini, PSSI sekarang ini sontoloyo. Sama seperti parpol (partai politik) yang tidak ada manfaatnya," kata Sukardi.

Dia juga menyatakan PSSI selama di bawah kepemimpinan Nurdin Halid tidak bisa membangkitkan optimisme kebangsaan. Padahal, kata dia, ketika Rusia kehilangan kebanggaan akibat perestroika langkah yang dilakukan Presiden Vladimir Putin adalah membangun kembali dunia sepakbola.

"Dia melakukannya dengan mendatangkan Guus Hiddink dan hasilnya Rusia bisa tampil di (putaran) final Piala Eropa 2008," katanya.

"Di situ jelas terlihat optimisme tersebut ternyata bisa dibangun lewat sepakbola."

"Tetapi sayangnya PSSI selama ini gagal membangun optimisme tersebut."

Lebih lanjut Sukardi juga menyebut Nurdin Halid itu sudah tidak lagi memiliki etika sebagai seorang pemimpin yang saeharusnya.

BERITA REKOMENDASI

Ia menyebut etika itu terkait dengan masalah yang pernah membelit Nurdin masuk ke dalam penjara. Selain itu juga presiden yang menjalankan pemerintahannya di negeri ini maksimal hanya dua kali saja memegang jabatannya. (goal)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas