Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pemerintah Diminta Ambil Alih Kongres PSSI

Sejumlah pemilik suara PSSI menyebut, PSSI telah melakukan dugaan kecurangan dengan melakukan pengaturan undangan kongres PSSI.

Penulis: Alie Usman
Editor: Ade Mayasanto
zoom-in Pemerintah Diminta Ambil Alih Kongres PSSI
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Sekjen PSSI, Nugraha Besos (kanan) menyerahkan berkas bakal calon Ketua Umum, Wakil Ketua, dan anggota Komite Eksekutif PSSI kepada Ketua Tim Verifikasi Bakal Calon Ketua Umum PSSI, M Zen (kiri), di kantor PSSI, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (6/2/2011). Beberapa nama masuk bursa sebagai bakal calon petinggi organisasi sepak bola Indonesia tersebut, diantaranya Nurdin Halid, Goerge Toisutta, Nirwan Bakrie, dan Arifin Panigoro. 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alie Usman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini, Jumat (25/3/2011), para pemilik suara PSSI telah berdatangan ke Pekanbaru untuk menyatakan hak suaranya menentukan Komite Pemilihan, dan Komite Banding PSSI. Sebelum kongres besok, sejumlah pihak menemukan kejanggalan yang dilakukan PSSI selaku penyelenggara.

Suara lantang pemilik suara PSSI yang merasa dipermainkan oleh Nugraha Besoes Cs pun tak tertahankan. Sejumlah pemilik suara PSSI menyebut, PSSI telah melakukan dugaan kecurangan dengan melakukan pengaturan undangan kongres PSSI.

Achmad Zaini, Sekretaris klub Deltras Sidoarjo mengaku menemukan banyak undangan kongres yang ditujukan kepada pihak-pihak di luar pemilik suara sah PSSI. Sebut saja undangan yang ditujukan untuk Arema Malang, ternyata panitia pelaksana memberikan kepada pihak yang bukan memiliki suara sah di kongres PSSI.

Bukan hanya itu, PSSI juga melakukan dugaan kecurangan lainnya. PSSI merubah aturan main jelang kongres PSSI. Persigo Gorontalo merupakan salah satu tim yang terkena imbas atas perubahan aturan main PSSI, sehingga akhirnya tidak bisa memberikan suara saat kongres PSSI.

"Pada kongres di Bali, kami merupakan pemilik suara sah PSSI. Bahkan kami mendapatkan undangan, serta ID Card elektronik resmi untuk kongres besok. Tiba-tiba mereka merubah aturan, dengan menentukan urutan klasemen berdasarkan hasil up date. Aturan dari mana lagi ini," ujar asisten pelatih Persigo, Aven Henelo.

Atas hal tersebut, beberapa pemilik suara sah PSSI berharap Kementerian Pemuda dan Olahraga segera turun tangan, dan mengambilalih kongres PSSI.

"Saya kira pemerintah sudah saatnya turun tangan. Ambil alih kongres dengan segera. Ini sudah keadaan diluar batas kewajaran. Harus ada campur tangan pemerintah," imbuh Asisten Pelatih Persigo, Aven Henelo.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Persebaya
7
5
2
0
7
2
5
17
2
Borneo
7
4
3
0
10
3
7
15
3
Bali United
7
4
2
1
12
6
6
14
4
Persib
7
3
4
0
13
7
6
13
5
PSM Makasar
7
3
3
1
9
4
5
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas