Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pak Agum, LPI Jadi Agenda PSSI Tugas Anda sebelum Kongres

banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan Komite Normalisasi pimpinan Agum Gumelar jelang Kongres PSSI di Solo.

Penulis: Rachmat Hidayat
zoom-in Pak Agum, LPI Jadi Agenda PSSI Tugas Anda sebelum Kongres
TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA
Agum Gumelar 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jelang perhelatan Kongres PSSI yang akan digelar di Solo, Jawa Tengah, 9 Juli 2011 mendatang, banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan Komite Normalisasi pimpinan Agum Gumelar. Di antaranya adalah menyatukan semua kelompok yang berseberangan sejak awal Kongres Pekanbaru lalu.

"Di sisa waktu ini Agum harus menggelar pertemuan dengan Kelompok 78. Tentu saja, bukan untuk mengakomodasi Toisutta dan Panigoro yang sejak awal memang dilarang maju oleh FIFA, tetapi mencari titik temu dengan kerangka kepentingan sepakbola nasional. Yang penting jangan ada dusta diantara mereka. Tidak ada yang menang,tidak ada yang kalah,"ungkap pemerhati bola dari Pascasarjana Universitas Diponegoro, Ari Junaedi kepada Tribunnews, Sabtu (11/06/2011).

Menurut Ari Junaedi, Agum harus bergerak cepat untuk menyelaraskan Liga Primer Indonesia (LPI) ke dalam agenda resmi PSSI sesuai mandat dari FIFA. Hal ini perlu dituntaskan sebelum dimulainya putaran ke dua LPI dan Liga Super Indonesia.

Dan sebaiknya, semua pihak melepaskan ego masing-masing mengingat kondisi sepakbola kita sudah masuk Unit Gawat Darurat dari sebuah rumah sakit yang bernama FIFA.

"Kita berharap 9 Juli nanti sudah ada nakhoda baru di PSSI agar lolos dari sanksi FIFA. Potensi deadlock harus diantisipasi Komite Normalisasi dari sekarang sehingga jalannya kongres berjalan tepat waktu. Karut-marut persepakbolaan pascalengsernya Nurdin harus kita akhiri segera,"pungkas Ari yang menyabet gelar S3 lewat penelitian tentang pelarian politik 1965 di mancanegara.

Kelompok 78 yang mengaku menguasai mayoritas pemilik suara hingga kini tetap ngotot mengusung duet George Toisutta-Arifin Panigoro sebagai ketua dan wakil ketua umum PSSI mendatang.(*)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas