Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Wartawan Belanda: Beda Kualitas Indonesia dan Belanda Sangat Jelas

Jurnalis asal Belanda, Roel Wiche, menilai perbedaan kualitas antara Timnas Indonesia dengan Timnas Belanda sangat terlihat

Penulis: Deodatus Pradipto
zoom-in Wartawan Belanda: Beda Kualitas Indonesia dan Belanda Sangat Jelas
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Pemain Tim Nasional Belanda, Robin van Persie (kanan) mencoba melewati adangan pemain belakang Timnas Indonesia, M Roby dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (7/6/2013). Timnas Indonesia akhirnya takluk 0-3 dari Timnas Belanda lewat 2 gol dari Siem de Jong dan Arjen Robben. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM – Jurnalis asal Belanda, Roel Wiche, menilai perbedaan kualitas antara Timnas Indonesia dengan Timnas Belanda sangat terlihat pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Sebenarnya di babak pertama Timnas Indonesia bermain bagus. Dengan tempo permainan lamban, Timnas Indonesia mampu bermain teroganisir dan membangun pertahanan yang kokoh. Penyerang sekelas Robin van Persie pun kesulitan mencetak gol, sehingga pertandingan babak pertama berjalan imbang tanpa gol.

Namun memasuki babak kedua, ketangguhan Timnas Indonesia memudar. Gawang kawalan Kurnia Meiga bergetar tiga kali melalui Siem de Jong (57’,68’) dan Arjen Robben (89’). Kedua gol Siem de Jong memperlihatkan kelemahan pemain Indonesia dalam mengantisipasi umpan silang, sedangkan gol ketiga murni karena kemampuan bertahan pemain Indonesia yang kalah dengan aksi individu Arjen Robben.

“Memasuki babak kedua perbedaan kualitas kedua tim sangat terlihat. Setelah Timnas Belanda mencetak gol, mereka mendominasi. Di situlah perbedaan kualitas yang jelas antara pemain-pemain Belanda yang bermain di kompetisi Eropa dengan pemain Indonesia yang bermain di kompetisi lokal,” kata Roel Wiche kepada Tribunnews.com.

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas